Tuesday, December 9, 2008

Susah banget si mau makan aja??

Tuesday, 9th of December 2008

Udah beberapa hari ini, Effan susah banget makannya. Waktu ke Sukabumi aja, bisa dihitung pake jari berapa suap makanan yang masuk ke mulutnya. Ga ngerti deh, ada masalah apa ni. Udah coba dikasi makanan yang bervariasi, tetep aja ga ngaruh, tetep aja ga mau makan. Diajak sambil bermain, ga ngaruh juga. Tips dan trik yang dikasi di tabloid atau majalah pengasuhan anak, juga ga ngefek pas dipraktekkannya.
Tapi untungnya, untuk urusan minum susu ga ada masalah. Effan masih banyak minum susunya. Bahkan sehari kadang bisa sampe 5 kali minum susu.

Yang mengherankan, udah ga mau makan gitu, tetep aja energinya meluap-luap. Kayanya seharian, Effan duduk manis cuma beberapa menit deh. Sisanya dia jalan-jalan, mondar-mandir, lari-lari, lompat-lompat, yang seharusnya menguras energinya. Apalagi sekarang Effan sekolah, biarpun ga tiap hari si. Seharusnya hal kaya gini bikin dia kecapean dan kelaperan. Tapi kenyataannya engga tuh. Dengan aktifitas gila-gilaannya itu, tetep aja kayanya Effan ga banyak makan. Disuruh tidur cepet juga susah. Bingung deh...!!

Beberapa waktu yang lalu, Bunda pernah ngobrol ama Tante Amel, mamanya Gaby dan Michelle. Ternyata Michelle juga susah untuk makan. Dan sekali waktu pernah dibawa ke dokter anak. Ternyata dokter anak bilang, biasa aja anak kecil ga mau makan. Tapi kalo dia laper, pasti deh dia mau makan sendiri. Hmm...agak membingungkan ya? Bener ga tindakan membiarkan anak sampai dia minta makan sendiri?

Biasanya Effan emang dikasi suplemen yang mengandung curcuma, yang katanya secara tradisional punya manfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Tapi beberapa waktu yang lalu Bunda baca, kalo ga ada suplemen yang sebenernya bisa ningkatin nafsu makan anak. Disiasatin aja cara makan yang bisa membantu anak untuk lahap makannya.
Hmm...tapi sejak Effan ga lagi dikasi suplemen itu, makannya bener-bener ga bener lho. Ya udah, akhirnya Ayah ama Bunda bellin suplemen itu untuk Effan pas pulang kerja. Dan di rumah, Bunda langsung kasi ke Effan, skalian ama Scott Emulsionnya. Dan believe it or not, biasanya Effan susah makan, malam ini pas Bunda makan, dia malah minta disuapin. Pas Ayah makan kue ulang tahun, dia juga minta disuapin. Engga tau ini sugesti ato gimana, tapi Bunda jadi seneng deh....

3 comments:

ginaa said...

missing effan so much. effan kangen kali ma tama. jd malai makannya. ntar kalo tama suapin jg bakal mau. ya ga? ya ga? hehhe.

eddieramora said...

Kalau masalah makan sih bukan Effan aja yang susah disuruh makan.! Dulu waktu Ade masih kecil juga susah nyuruh makan. Ingat khan, om Eddie paling susah nyuruh Ade makan. Apalagi habis main, Ade dan Deyla ga mau ngumpulin mainannya. Jadinya om Eddie yang kelabakan.

Leo-Ade-Effan said...

Huahahahahaha.....ketahuan deh kalo Effan mirip ama Bundanya.
Jangan bocor-bocorin rahasia masa kecil Ade gitu dunk Om... ;)

Gin....ditunggu kedatangannya ya, biar bisa suapin Effan. Awas lho kalo Effan tetap ga mau makan, hehe...