Friday, December 5, 2008

Amal

Friday, 5th of December 2009

Pagi ini Bunda seneng deh, memulai hari dengan beramal. Maksud Bunda adalah amal (tapi kan ga tau juga ya mereka pake buat apa duitnya) dan semoga apa yang Bunda kasi ada manfaatnya untuk keluarga itu. Amin...

Jadi gini ceritanya. Beberapa hari yang lalu, dalam perjalanan menuju kantor, Bunda melihat satu keluarga yang homeless gitu deh. Ada seorang bayi di antara mereka. Bayinya masih kecil dan Bunda prediksi berumur sekitar 6 bulan. Tapi ternyata Bunda salah. Tadi Bunda tanya ke ibunya, bayi itu umurnya udah satu tahun. Tapi badannya kecil banget, keliatan banget deh kurang gizinya.

Nah, waktu pertama kali ngeliat itu, Bunda ragu-ragu mau ngasi apa engga dan akhirnya memutuskan tidak. Tapi setelah itu Bunda nyesel. Kenapa harus ragu kalo mau berbuat baik kan. Jadi Bunda punya niat, kalo nanti ketemu lagi, mau ngasi duit ke keluarga itu. Akhirnya tadi pagi ketemu lagi dan tanpa ragu-ragu lagi Bunda ambil dompet dan kasi duit. Emang ga banyak si, tapi Bunda sangat berharap duit itu bisa berguna buat mereka terutama untuk si bayi kecil.

Waktu nonton Laskar Pelangi, Bunda suka banget ama pernyataan Bapak Kepala Sekolahnya yang bilang begini, "Memberilah sebanyak-banyaknya daripada menerima sebanyak-banyaknya". Gitu deh kira-kira pernyataannya. Bener banget tuh. Penting banget yang namanya amal di dunia ini. Coba kalo semua orang mampu beramal, mungkin orang yang ada di bawah garis kemiskinan bakal ga ada lagi.

Bunda juga berharap, nantinya Effan juga punya kepedulian ke orang-orang lain yang hidupnya lebih susah daripada dia. Semoga dengan contoh yang Ayah dan Bunda kasi saat ini bisa jadi bekal yang cukup untuk pupuk kepeduliannya terhadap sesama. Amin...

No comments: