Thursday, December 11, 2008

Confused

Thursday, 11th of December 2008

Kemaren Ayah cerita kalo perusahaan tempat Ayah kerja udah mulai kena imbas dari krisis global yang sedang melanda dunia saat ini. Jadi perusahaan tempat Ayah kerja itu kan perusahaan manufaktur yang menggantungkan bisnisnya pada perusahaan lain. Jadi perusahaan ini bisa beroperasi dengan optimal kalo ada orderan dari perusahaan lain. Nah..di masa krisis ini, banyak perusahaan yang omzetnya menurun dan jadinya usahanya ga berkembang dan akhirnya saat ini jadi butuh penambahan alat-alat pendukung produksi seperti yang dibuat di tempat kerja Ayah. Karena ga ada order itu, bisa dibilang, tempat kerja Ayah ini jadi mati suri. Kabarnya bahkan bulan depan udah ga ada orderan lain tuh. Bisa-bisa orang produksi pada nganggur tuh bulan depan.

Wew...serem ya? Bunda jadi ketar-ketir sendiri ni. Takut kalo nanti jadi kenapa-kenapa. Kalo kata Ayah, waktu krisis tahun 1998, yang efeknya sebenernya lebih dahsyat lagi ke perekonomian negara kita, perusahaan itu bisa survive. Semoga kali ini pun, dengan perekonomian Indonesia yang lebih baik, masih tetap bisa survive. Jadi Ayah ga kena imbas apa-apa juga. Eh, sebenernya udah ada sedikit imbas si. Hari Sabtu Ayah libur, kan karena mau efisiensi juga tuh.

Bunda inget beberapa waktu yang lalu diforward email ama Mami. Isinya adalah email-emailan Mami ama temennya yang sekarang bermukim di USA. Kayanya keren ya bisa tinggal di negara adidaya itu. Tapi ternyata ga segitunya lho. Katanya temen Mami itu, banyak juga masyarakat Indonesia di sana yang kehilangan pekerjaan sekarang. Trus dia juga cerita kalo Pastor di gerejanya dia di sana, tiap hari kedatangan paling tidak 4 keluarga yang sudah ga sanggup lagi untuk beli makanan sehari-hari, apalagi untuk bayar listrik dan lain-lain. Wow...itu negara adidaya lho! Karna krisis ini, mereka bisa jadi luntang lantung juga. Bisa-bisanya masyarakatnya jadi begitu. Semoga itu ga terjadi pada negara kita ya...

No comments: