Friday, September 11, 2009

Toothache

Friday, 11th of September 2009

Dari kemaren Bunda ngerasa kalo gigi di bagian kiri bawah, tepatnya di sekitar gigi geraham, sakit. Berhubung ga pernah sakit gigi ditambah sakit ini bikin males makan, jadi Bunda memutuskan untuk langsung periksa gigi aja hari ini. Bingung mau ke dokter gigi yang mana, tapi akhirnya Bunda putuskan ke klinik reguler sore di RSAL Mintohardjo, walaupun banyak orang yang bilang kalo di situ biayanya mahal. Tapi sudahlah, direimburse kantor ini ;) Lagian deket banget kan dari kantor Bunda.

Akhirnya sekitar jam 4 kurang, Bunda ke RSAL dianterin salah satu temen Bunda. To be honest, I was a little bit affraid, jadi waktu ada yang nawarin mau nemenin, Bunda langsung sambut tawaran itu. Tapi ternyata klinik sore ini baru dimulai jam 5 sore, enaknya nunggu di kantor, jadi balik lagi ke kantor dan kembali ke RSAL menjelang jam 5. Sampe di RSAL, ga perlu nunggu lama, Bunda udah dipanggil masuk. Bunda emang dapet antrian yang pertama si, karna tadi daftarnya sebelum jam 4.

Ketemu dokter yang bernama drg. Endang, beliau menanyakan apa permasalahannya. Bunda bilang kalo Bunda merasa sakit gigi dan juga mau scalling gigi alias ngebersihin karang gigi. Kata dokter, giginya discalling aja dulu, tapi sebelumnya dilakukan pemeriksaan gigi dulu. Alat scalling sekarang canggih ya? Dulu kan ngebersihinnya secara manual, tapi sekarang dengan menggunakan alat yang mengeluarkan air dengan pressure yang tinggi. Biasanya orang-orang kalo discalling pasti ngerasa ngilu dan bahkan sampe berdarah-darah, tapi Bunda ga ngerasa seperti itu tuh. Biasa aja! Mungkin karna karang giginya ga terlalu parah kali ya?

Setelah selesai discalling, dokter sarankan untuk melakukan roentgen agar diketahui penyebab pasti sakit giginya. Ruang roentgennya ada di bagian klinik eksekutif dan hasil roentgen bisa ditunggu. Setelah dapat hasilnya, harus bayar dulu sebelum dibawa untuk dikonsultasikan ke dokter. Dan biayanya 150 ribu rupiah! Oh...no!! Mahal banget untuk roentgen doang.... :(

Setelah itu Bunda kembali ke dokter yang memeriksa Bunda, dan terjadilah percakapan ini:

Dokter: Wah....jelas ini penyebabnya. Gigi geraham yang belakang tumbuhnya ke samping, bukan ke atas. Sedangkan gusinya ga cukup untuk tempat tumbuh gigi. Kemungkinan ga akan bisa tumbuh giginya.
Bunda: (muka terbengong-bengong)
Dokter: Kalo nanti udah sakit banget, sebaiknya si dicabut. Saya juga pernah tuh ngalami yang seperti ini. Akhirnya waktu udah sakit banget, baru saya mau dicabut.
Bunda: Dicabut atau dioperasi dok? (mengingat pengalaman orang-orang yang harus operasi kalo mengalami kasus ini)
Dokter: Karna emang dibelah, berarti dibedah ya namanya. Tapi cuma bedah minor koq.
Bunda: (mulai panik mendengar kata bedah dan dibelah sambil panik juga dengan biayanya) Emang kira-kira biayanya berapa ya dok untuk bedah itu?
Dokter: (sambil bertanya ke petugas administrasi yang ada di sebelahnya) Sekitar 1,75 sampai 2 juta per gigi tergantung kondisi dan kesulitannya.
Bunda: (gubbrraaaakkkkk.....!!! speechless)
Petugas administrasi: Bu, untuk scalling yang tadi biayanya 460 ribu..
Bunda: (kaget dan terbengong-bengong denger angka itu) Oh iya, ini duitnya....

No comments: