Wednesday, September 23, 2009

Bulan Puasa

Wednesday, 23rd of September

Bulan puasa kemaren, Bunda sering banget terbayang-bayang bagaimana dulu melewatkan bulan puasa di rumah. Kebetulan Gayek kan selalu puasa, jadi di dalam keluarga kecil kami itu, setiap bulan puasa selalu ada tradisi makan sahur dan buka puasa. Kalo tradisi makan sahur, ga usah nanya ke Bunda deh. Soalnya Bunda sejarang-jarangnya ikutan sahur karna males bangun. Yang sering banget ikutan, cuma Mami selain Opung tentunya yang harus menyiapkan makanan.

Tradisi buka puasanya yang sangat Bunda rindukan. Dulu peraturannya adalah saat jam berbuka sudah harus ada di rumah. Ga ada peraturan tertulis si, tapi begitulah keadaannya. Jadi kita sekeluarga berkumpul di meja makan dan makan bersama setelah Gayek selesai sholat maghrib. Biasanya kalo bulan puasa gini, Gayek ga banyak permintaan soal makanan. Ga harus yang enak-enak, ga harus yang spesial. Justru yang Gayek harapkan di meja makan adalah banyak sayur-sayuran dan buka puasanya biasanya minum sirup ABC aja juga cukup.

Karna permintaan sayur-sayuran itu, jadi Opung sering banget menyediakan pecel sebagai menu di meja makan saat bulan puasa. Walapun Opung tetep gatel untuk nyediain makanan lain khas bulan puasa, seperti kolak untuk jadi tajil dan makanan manis-manis lainnya. Tapi Gayek ga suka ni ama makanan seperti ini, jadi yang makan ya Mami ama Bunda (Tama masih kecil waktu Bunda masih di Bukittinggi, jadi lupa dimana dia dulu setiap kali buka puasa ;p).

Ga cuma untuk tajil, tapi Opung juga suka gatel untuk masak makanan yang istimewa untuk menu utama. Kadang-kadang demi kepraktisan, Opung beli makanan di pasar, seperti masakan-masakan kapau yang penuh dengan kolesterol tapi benar-benar memanjakan lidah ;p. Di Bukittinggi, setiap kali bulan puasa, ada pasar kaget di Pasar Atas yang menjual aneka makanan yang pastinya enak-enak banget itu. Kaya Pasar Benhil pas bulan puasa itu, tapi tempatnya lebih luas dan makanannya pun lebih beragam. Lagi-lagi Gayek ga doyan ama makanan seperti ini. Jadinya yang makan Bunda deh (Mami yang makannya dikit ga usah dihitung deh ;)). Jadinya yang puasa siapa, tapi yang makannya gila-gilaan malah yang ga puasa, hehe....Dulu Bunda cukup sering diajak Opung ke pasar ini. Kangen banget mau ke pasar itu lagi, pengen beli makanan enak-enak. Slurp...slurp....
Really miss to spend fasting month in Bukittinggi....

No comments: