Saturday, September 12, 2009

Giving (part 2)

Saturday, 12th of September 2009

Setiap hari, Bunda turun bis di depan gedung MPR dan kemudian Bunda harus menyebrangi jembatan penyebrangan untuk menuju ke kantor. Di jembatan penyebrangan di depan gedung MPR ini, sedikitnya ada tiga orang pengemis. Satu orang perempuan, ibu-ibu yang sudah terlihat tua (prediksi Bunda si dia ga lebih dari 50 tahun) dan dua orang laki-laki yang Bunda prediksi berumur di atas 60 dan yang satu lagi sepertinya masih sekitar 40an. Si pengemis pria yang lebih muda, memiliki tubuh yang pendek dan sepertinya punya kelainan di punggungnya. Walaupun mereka sering menyapa dan tersenyum pada Bunda kalo Bunda lewat (udah langganan lewat sana si ya?!), tapi Bunda ga pernah sekalipun ngasi duit ke mereka. Dan Bunda liat banyak banget orang yang lewat yang memberi uang dan biasanya masing-masing diberi seribu rupiah. Inilah yang jadi salah satu alasan kenapa Bunda jadi males ikut-ikutan memberi rupiah. Udah banyak yang ngasi koq, jadi ngapain lagi. Mending duitnya dikumpulin dan Bunda masukin ke kolekte di gereja setiap minggunya ;)

Bunda jadi ingat waktu dulu masih tinggal di Bukittinggi. Di jalan menuju ke Jam Gadang, banyak banget pengemis yang mangkal. Para pengemis ini tinggal bersama di suatu tempat, masih di dalam kota Bukittinggi. Suatu saat, salah satu pengemis mengadakan pesta pernikahan untuk anaknya. Waktu itu belum umum banget tuh, orang ngadain pesta pernikahan pake organ tunggal, jadinya masih mahal. Eh, si pengemis ngadain pesta pernikahan anaknya pake organ tunggal! Bunda inget banget si Opung jadi menye-menye ngeliatnya. Yang kerja keras hidupnya masih pas-pasan, koq ya yang ngemis, kerjanya tergolong gampang, bisa gitu hidupnya. Kayanya itu deh momentum awal Bunda jadi ga simpatik ngeliat pengemis. Takut salah sasaran dalam memberi.

Jadi semuanya, sebaiknya kalo memberi, jangan dengan prinsip 'yang penting niatnya, mau dipake buat apa itu jadi urusan yang diberi ama Tuhan'. Udah ga jaman deh prinsip begitu. Mari kita lebih peduli, jadi yang kita bantu adalah yang benar-benar membutuhkan ;)

No comments: