Friday, September 4, 2009

Karma

Friday, 4th of September 2009

Kemaren Bunda pasang status di facebook begini 'I believe in karma, what you give is what you get return'. Yes, I do believe in karma. Oya, kalo ga salah kalimat itu juga ada di salah satu lagunya Savage Garden (ketahuan banget ni angkatannya Bunda, lagunya jadul ;p), tapi Bunda lupa banget judulnya apa.

Trus ada beberapa orang yang menanggapi status Bunda ini. Tanggapan pertama sekaligus pertanyaan bagaimana Bunda menyikapi reinkarnasi sehubungan dengan karma. Jadi banyak orang yang menyangkutpautkan karma dengan reinkarnasi kan. Kalo kita berbuat baik di kehidupan kita kali ini, kita akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik di kehidupan kita selanjutnya. Tapi sebaliknya kalo kita berbuat buruk dalam hidup kita ini, kita akan mendapatkan kehidupan yang lebih buruk, mungkin saja nantinya kita menjadi binatang, lebih buruk dari manusia. Hmm....kalo sampe ke reinkarnasi kayanya Bunda belum bisa bilang percaya atau tidak karna emang belum bisa merasakan dan merenungkan mengenai ini.

Yang Bunda percaya kalo kita berbuat kebaikan, maka kebaikan pulalah yang akan kita terima dan sebaliknya. Yang Bunda percaya adalah karma dalam taraf satu fase kehidupan kita. Walaupun ada tanggapan yang lain yang bilang kalo karma dalam satu perjalanan hidup itu ga ada karna sistem kehidupan yang tidak sempurna, Bunda harus bilang ga setuju dengan ini. Karna apa yang sudah Bunda rasakan dalam hampir 27 tahun kehidupan Bunda di bumi ini, beberapa kali menunjukkan bagaimana karma itu bekerja. Saat Bunda bermurah hati dan berbagi dengan ikhlas untuk sesama, Bunda merasakan adanya balasan yang lebih besar yang I really believe it's given by God. Semoga kepercayaan ini bisa membimbing Bunda untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. ;)

No comments: