Monday, September 14, 2009

Mbak Asih

Monday, 14th of September 2009

Selama ini Bunda pede banget dan yakin banget kalo Mbak Asih nanti habis lebaran bakal balik lagi ke rumah kita. Gimana ga pede, yang Bunda liat Mbak Asih sayang banget ama Effan. Walaupun kelakuan Effan suka mengada-ngada, tapi Mbak Asih tetap sabar menghadapi Effan.

Tapi ternyata Bunda cuma kepedean aja ni. Mbak Asih punya pikiran untuk tidak lagi kembali ke rumah. Kemaren bersama Mami, Bunda coba tanyakan hal itu ke Mbak Asih.
Yah...emang Mbak Asih punya keraguan untuk kembali, tapi dia tidak nyatakan secara gamblang. Mbak Asih cuma bilang kalo dia mau aja balik ke rumah, tapi pengen istirahat dulu. Kalo balik lagi ke rumah persis setelah libur lebaran, dia merasa kurang waktunya. Tapi Mbak Asih juga ga bisa bilang dia mau berapa lama istirahat di rumah. Akhirnya Bunda tawarkan dia untuk libur selama 1 bulan, tapi dia janji untuk kembali lagi. Dan jika akhirnya dia memutuskan untuk tidak kembali, sebaiknya beri tahu kami secepatnya.

Mbak Asih keliatan bingung dan kaget karna Bunda mau ngasi dia libur yang lumayan panjang itu (yang kalo di kantor Bunda, namanya cuti besar ni kaya gini, baru bisa diambil setelah 6 tahun kerja). Mbak Asih menerima tawaran Bunda ini. Dia bilang, dia bakal kembali setelah sebulan nanti. Apalagi Bunda juga menawarkan kenaikan gaji dan Bunda liat Mbak Asih juga masih butuh untuk bekerja membiayai hidupnya dan keluarganya. Dan yang menggembirakan, Mbak Asih juga merasa kasihan pada Effan apabila tidak ada yang bisa nemenin Effan di rumah.

Huff....Bunda jadi langsung pusing ni! Selama ini Bunda emang puas banget ama kerjaan Mbak Asih. Emang ada yang tidak memuaskan. Misalnya saja, Mbak Asih susah banget untuk diajak ngajarin Effan mandiri. Effan malah bak raja yang banyak dilayani ini itu. Udah besar, tetep aja dikelonin melulu. Tapi dia berhasil memberikan kasih sayangnya ke Effan, jadi Bunda ga pernah takut dan cemas untuk meninggalkan Effan di rumah, ga pernah khawatir Effan akan mengalami KDRT dari pengasuhnya. Susah banget untuk mencari pengasuh seperti ini sekarang apalagi di kota besar seperti Jakarta ini. Jadi Bunda akan mencoba maksimal biar Mbak Asih tetap mau kembali ke rumah.

Oya, ada satu alasan yang bikin Mbak Asih sampe berpikir ga kembali lagi ke rumah. Cape karna sering diomelin dan dibawelin Mama. Wajar sebenernya kalo orang di usia 50 tahunan ke atas bawelnya setengah mati. Tapi ini tetap jadi pelajaran berharga buat Bunda untuk jangan bawel kepada para asisten rumah tangga. Bagaimanapun kita membutuhkan mereka dan seharusnya kita coba hargai apa yang telah mereka lakukan untuk kita. Jikapun ada kesalahan atau ketidakpuasan dalam pekerjaan mereka, lebih baik sampaikan dengan manis. Apalagi mengingat kultur yang berbeda antara mereka yang masih tinggal di desa dengan kebiasaan kota.

Mbak Asih...tolong kembali lagi ya....Kasian Effan ga ada yang bantu jagain nanti...

No comments: