Tuesday, January 20, 2009

Clean Development Mechanism

Tuesday, 20th of January 2009

Hari ini Ayah harus ke TPA lagi. Ada manual yang harus Ayah bikin dan karna itu Ayah harus liat langsung ke TPA cara kerja alat yang akan dibuat manualnya itu.

Hmm...Bunda jadi tertarik untuk ngebahas mengenai kerjaan Ayah ni. Soalnya, sering banget kan orang-orang nanyain apa kerjaan Ayah dan begitu Bunda jawab, malahan jadi pada bingung. Termasuk orang-orang yang lulusan Teknik Lingkungan yang seharusnya lebih familiar ama kerjaan seperti ini.

Jadi kerjaan Ayah ada hubungannya ama CDM alias Clean Development Mechanism project. Untuk penjelasan mengenai apa itu CDM, bisa diliat di wikipedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Clean_Development_Mechanism. Jadi secara sederhana, bisa dibilang kalo project CDM yang sekarang dikerjakan Ayah itu merupakan aplikasi dari perjanjian Protokol Kyoto. Dari kesepakatan berdasarkan Protokol Kyoto ini, yang harus dilaksanakan adalah pengurangan emisi gas rumah kaca yang salah satu bentuknya adalah carbon. Dan karna TPA alias tempat pembuangan akhir sampah adalah salah satu sumber carbon yang sangat besar, jadilah sekarang Ayah sering banget ke TPA karna projectnya emang di TPA.

Hmm....kebayang kan baunya sampah kaya gimana? Dan ini TPA adalah lautan sampah. Pasti deh baunya lebih dahsyat lagi. Bunda salut deh ama Ayah, bisa betah kerja di sana dan harus sering-sering ke TPA. Bahkan kalo keluar kota pun, kaya ke Pontianak atau ke Palembang, yang pertama kali didatangi itu adalah TPAnya. Wew...!!

Oya, yang menurut Bunda adalah hal menarik dari pekerjaan ini adalah jadinya Ayah ikut serta dalam mengurangi efek global warming yang sekarang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Dan dengan langsung terjun ke bidang ini kan akhirnya jadi punya kepedulian yang lebih terhadap nasib bumi kita ini yang semoga nantinya bisa ditularkan ke orang-orang di sekitar kita.
Semoga semakin banyak orang yang peduli tentang global warming, dunia bisa semakin lebih baik. Amin..... ;)

No comments: