Thursday, November 12, 2009

Have u ever seen the old tv commercial of WWF?

Thursday, 12th of November 2009

Ini kejadian yang terjadi sore tadi di kantor. Waktu Bunda ke toilet untuk cuci tangan, di wastafel yang lain, ada seorang teman yang sedang menyikat gigi. Sambil menyikat gigi, dia membiarkan air kran mengalir terbuang tanpa digunakan sama sekali. Sebenarnya ini bukan kejadian pertama kalinya Bunda melihat temen Bunda ini begitu, tapi selama ini merasa tidak enak untuk memberi tahu karna takut terkesan menggurui. Tapi kayanya kesabaran Bunda sudah habis (halah...lebay.com ni), jadi kayanya ini saatnya untuk memberi tahu. Biar tidak terkesan menggurui, jadi Bunda cuma memilih kalimat ini, "Eh, ga pernah liat iklan WWF jaman dulu itu ya?", sambil Bunda matiin krannya dan tersenyum. Karna masih menyikat gigi, jadi dia cuma ketawa kecil saja.

Ingat ga iklan WWF jaman dulu? Ada beberapa tuh jenis iklannya. Ada yang tentang air mengalir, ada yang tentang pemakaian lampu, dan ada juga yang tentang pemakaian kertas pembungkus kado. Iklan-iklan itu benar-benar sangat membekas di otak Bunda. Pesannya sangat mengena, bagaimana kita harus melakukan penghematan di berbagai sektor, dan penghematan-penghematan semacam inilah yang akhirnya dapat memperpanjang kehidupan bumi kita.
Yang sangat Bunda sayangkan adalah kenapa orang-orang yang jelas-jelas berpendidikan pun masih tidak bisa melakukan penghematan-penghematan seperti ini. Yah...seperti kejadian di kantor yang tadi aja. Teman Bunda itu jelas adalah seorang yang berpendidikan cukup tinggi, tapi dia tidak bisa mempunyai kesadaran sendiri untuk menyadari pentingnya penghematan air. Ga jarang juga kalo sedang makan di mall atau tempat umum lainnya, orang-orang yang mencuci tangan di wastafel, tidak mematikan air selama mereka mengambil sabun dan mengucek tangan dengan sabun. Akibatnya air terbuang percuma. Padahal orang yang bisa makan di mall, pastilah orang yang cukup berpendidikan. Dari sekedar wastafel aja, kita bisa hemat air banyak lho. (Menghemat sambil memikirkan manusia di belahan bumi lain yang sangat sulit dalam mendapatkan air bersih ;))

Bunda penasaran, apakah kejadian ini hanya akan ditemui di Indonesia atau mungkin akan ditemui di belahan bumi lainnya. Jika saja semua orang sudah sadar akan penghematan semua sektor sumber daya alam, pastinya itu akan menyokong kehidupan planet kita lebih lama lagi. Mari kita mulai dari diri kita sendiri.
Oya, FYI, untuk air di permukaan bumi, dari setiap 100 liter air hanya akan menghasilkan air bersih sebanyak 1 sendok teh. Ironic! Tau kan kenapa kita harus hemat air?

No comments: