Friday, August 28, 2009

Pulau Dijual?

Friday, 28th of August 2009

Bunda habis baca di kompas.com ni, rumor yang menyatakan kalo ada bagian dari Kepulauan Mentawai yang akan dijual. Bunda juga liat beritanya lewat email melalui salah satu milis yang Bunda ikuti. Total ada sekitar 3 pulau yang dijual. Tapi ternyata rumor ini sedikit menyesatkan. Walaupun penjualan dilakukan di sebuah situs penjualan private island, tapi bukan pulaunya yang dijual, melainkan tiga resort yang ada di pulau yang ada di bagian kepulauan itu. Harganya pun luar biasa. Masing-masing ditawarkan dengan harga $ 4 juta (Macaroni's Island Resort), $ 1.6 juta (Siloinak Island), dan $ 8 juta (Kandui Island Resort). Wah...dengan harga segini sepertinya yang mampu membeli nanti jangan-jangan pihak asing. Sayang banget, Kepulauan Mentawai dengan pesona luar biasanya itu dikuasai bukan oleh orang Indonesia.

Bunda jadi inget waktu ke Pulau Siberut di Kepulauan Mentawai sekitar hampir 15 tahun yang lalu, waktu masih SD atau awal SMP kayanya. Kebetulan ada saudara Opung juga yang tinggal di sana. Alamnya, sumpah, bagus banget!! Trus ga banyak polusi lagi. Bunda cuma menemukan sekitar 2 unit sepeda motor waktu itu dan ga ada mobil sama sekali. Sarana transportasi masyarakat adalah sepeda dan yang terutama adalah perahu atau motor boat karna memang banyak tempat yang bisa dicapai dari air. Di mana-mana banyak pepohonan, makin membuat udara terasa sangat bersih. Kemana-mana kita seringnya jalan kaki. Ketemu ama penduduk asli, yang (dengan menggunakan istilah zaman dulu) masih kolot banget. Pakaian masih tradisional. Bahkan wanitanya pun masih topless. Punya tato tradisional di sekujur tubuh. Huhu.....semuanya keren deh! Trus soal makanan, kita selalu disuguhi ikan yang dimasak dengan berbagai cara. Ada yang digoreng aja, digoreng pake sambel, dijadiin sop, digulai, pokoknya semua serba ikan! ;)
Jadi pengen ke Mentawai lagi. Salah satu tempat liburan yang keren tuh! Sayangnya Bunda ga bisa surfing. Kabarnya ombaknya keren banget untuk surfing. Tapi sekedar menikmati pantainya yang masih bersih itu juga udah mengasyikkan koq. Kapan ya ke Mentawai lagi? Sekalian ajak Ayah dan Effan juga, kayanya seru tuh! Apalagi kan Effan sangat menggemari pantai ;)

No comments: