Thursday, August 6, 2009

Payakumbuh

Thursday, 6th of August 2009

Hari ini jadwalnya keluar kota Bukittinggi lagi, yaitu mau ke Payakumbuh. Selain memang di daerah ini ada objek wisata yang bisa dikunjungi, juga karna ada teman lama Ayah yang juga teman Bunda waktu kuliah yang tinggal di sini.
Seperti biasa, berangkat dari rumah udah agak siangan, sekitar jam 10. Selain susah dibangunin, Effan juga susah banget disuruh mandi dan makan. Akhirnya makannya dibawa juga deh untuk dimakan di perjalanan.

Dari rumah langsung menuju ke Payakumbuh. Kebetulan rumahnya Om Irwan, temennya Ayah dan Bunda itu deket banget ama objek wisata Lembah Harau. Jadi kami langsung menuju ke arah Lembah Harau itu. Ternyata Om Irwan punya toko yang jual komputer dan berbagai perangkatnya, jadi kami ketemu dulu di tokonya itu. Setelah dari tokonya Om Irwan, kemudian kita ke rumah Om Irwan. Rumahnya Om Irwan punya halaman yang cukup luas. Effan senang banget ketemu ama halaman yang luas ini. Kita semua masuk ke ruang tamu untuk ngobrol, Effan ga mau ikutan masuk, maunya main di halaman. Mainin pasir, tanaman, dan entah apa lagi. Yang pasti hasilnya dia jadi kotor si (tapi kan katanya kalo ga kotor ga belajar, jadi ya sudahlah!).
Oya, sekarang Om Irwan jadi petani aja katanya. Ga mau kerja kantoran, padahal di daerahnya untuk jadi PNS dari jurusan Teknik Lingkungan, bisa gampang banget.

Hmm....Bunda berpikir, pasti sulit untuk bekerja menjadi petani di sana. Yang lebih sulit adalah secara mentally. Orang-orang masih menganggap bertani adalah pekerjaan kasar yang hina. Banyak orang berlomba untuk tidak lagi menjadi petani, sedangkan Om Irwan malah dengan sangat rela memilih menjadi petani. Bunda yakin kalo Om Irwan pasti sering 'dicibir' oleh orang-orang di kampungnya karna memilih profesi ini, mengingat dia adalah lulusan dari smu yang bagus dan juga perguruan tinggi terbaik di negri ini. C'est la vie....hidup emang penuh pilihan, tergantung kita untuk memilih dengan bijaksana ;)

Anyway, setelah berkunjung ke rumah Om Irwan dan ngobrol juga dengan ibunya Om Irwan, kita lalu menuju ke Lembah Harau. Jadi punya guide ni, si penduduk asli, Om Irwan! Lumayan, jadi ga perlu bayar tiket masuk, hehe....

Objek wisata Lembah Harau ini pesonanya adalah di pemandangannya. Dimana-mana bukit yang kemiringannya 90 derajat (eh, udah ga miring lagi tuh namanya, tapi tegak lurus)! Dan ada beberapa spot yang sering digunakan para pemanjat tebing. Selain itu, juga ada beberapa spot air terjun dan ada tempat pemandiannya. Sayangnya tempat pemandian yang ada ga terlalu bersih dan airnya juga dingin banget. Effan sempat nyemplung sebentar lho, tapi ga lama menggigil kedinginan, jadi langsung diangkat keluar dari air.
Hmm....sebenernya kalo mau hiking, asyik banget ni! Tapi susah ya, kalo sambil ajak anak kecil kaya gini?!

Karna belum makan juga, kita akhirnya cari makan dulu deh. Om Irwan merekomendasikan tempat makan di daerah yang namanya Situjuh yang spesialisasinya adalah cancang kambing. Hmm....favoritnya Ayah ni, jadinya Ayah langsung semangat deh buat ke sana. Tempat ini ternyata hidangannya ga terlalu banyak, tapi enak-enak. Kayanya cuma ada 3-4 macem deh lauknya. Cancang kambing, ikan bakar, dendeng, ama apa gitu...Tapi walaupun dikit jenisnya, rasanya oke banget. Dan harganya? Murah ternyata! Makan 4 orang dewasa, cuma 70 ribuan ampe kenyang setengah mati. Oya, saat menuju tempat makan ini, Effan ketiduran dan terus tertidur saat kami makan. Tempat makan ini menyediakan tempat lesehan, jadi Effan bisa dibaringkan sambil ada angin sepoi-sepoi yang meniup. Hmm...gimana ga super nyenyak tidurnya ;)

Setelah makan, karna belum terlalu sore, akhirnya kami putuskan untuk mengunjungi satu tempat wisata lainnya, yaitu Ngalau Indah. Karna tempatnya yang relatif tinggi, jadi dari tempat ini, kita bisa melihat pemandangan kota Payakumbuh dari atas. Selain itu Ngalau Indah ini juga 'menjual' wisata gua lengkap dengan stalaktit dan stalaknitnya. Karna gelap dan khawatir spooky, hehe...., jadi kami ga masuk ke dalam gua, cuma foto-foto aja dari luar. Setelah mengantarkan Om Irwan, pulang lagi deh ke Bukittinggi.

Hmm....malam ini makan dimana ya? Opung ngajak makan masakan ikan di daerah yang namanya Gadut. Kalo ukuran Bukittinggi, tempat ini agak jauh dari rumah, cuma sekitar 5 km kayanya (kalo ukuran Jakarta, ini si deket ya? ;)). Dan sayangnya sampe di sana, masakannya udah mulai habis. Tapi masih ada ikan bakar yang rasanya emang enak. Bumbunya pas banget deh. Effan juga makan dengan nikmat ni. Lumayan banyak makannya pake ikan ini. Dan lagi-lagi surprisingly, kita makan berenam cuma ngabisin 76 ribu. Wah...setelah lama ga tinggal di Bukittinggi, jadi agak terkaget-kaget ama murahnya makanan ;)






No comments: