Monday, August 3, 2009

Ngarai Sianok, Panorama Baru dan TPA, Janjang 40, Los Lambuang, Benteng, Restoran Family Benteng

Monday, 3rd of August 2009

Karna dinginnya Bukittinggi, kami semua jadi males bangun pagi. Bunda bisa bangun pagi setelah jam 7. Itu juga ga pagi lagi ya namanya? Apalagi Effan, bangunnya bisa jam 8 ato bahkan di atas jam 9. Dengan kebiasaannya leyeh-leyeh dulu pas bangun tidur, mandinya tertunda, jadi kita baru bisa jalan di atas jam 10 ato 11 siang.
Agenda hari ini adalah ke Ngarai Sianok pake motor. Sebenernya enakan hiking si, tapi ga mungkin ya kalo sambil bawa anak umur 3 tahun!? Lumayan jauh kita turun ke ngarai. Menikmati pemandangan yang indah di sana sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan ga lupa foto-foto tentunya ;)

Dari Ngarai Sianok, kita menuju ke daerah yang namanya Panorama Baru. Sebenernya pemandangannya ngarai juga si. Tapi di Panorama Baru ini ada TPA dan Ayah penasaran aja mau liat TPA Bukittinggi yang sistemnya open dumping itu. Yup, sampahnya langsung dibuang begitu saja ke dalam ngarai yang artinya ga ada TPA dengan sistem sanitary landfill yang sebenarnya jauh lebih baik. Foto-foto lagi deh kita ;)
Sebenernya dari Panorama Baru, the next destination is Benteng Fort de Kock. Tapi dalam perjalanan, tiba-tiba Effan udah ketiduran diterpa angin sepoi-sepoi yang emang menenangkan. Gini deh enaknya kalo di Bukittinggi. Kemana-mana deket banget.

Jadi Effan dianterin pulang dulu sebentar, trus Ayah sama Bunda jalan lagi. Tapi sebelum ke Benteng, Ayah pengen makan sesuatu dulu (padahal udah makan siang, lho...). Jadi Bunda ajak aja ke Los Lambuang di Pasar Lereng untuk makan cindua langkok alias cendol lengkap.Tadinya Bunda mau ajak Ayah lewat Pasar Atas, tapi pas ngeliat Janjang 40, Bunda ajak aja Ayah lewat sana. Parkirin motor dan kita mulai menaiki tangga. Sebenernya total anak tangganya kurang lebih ada 100, tapi yang paling atas yang anak tangganya lebih kecil-kecil, ada 40 anak tangga. Karna itulah tangga ini disebut Janjang 40. Fyuh....cape juga ternyata apalagi udah lama banget ga lewat sini. Apalagi Ayah yang belum pernah ngelewatin tangga-tangga ini, makin ngos-ngosan aja. And later, Ayah makin senewen waktu tau kalo sebenernya ke Los Lambuang itu bisa ngelewatin Pasar Lereng yang lebih tidak menguras tenaga, hehe...
Sampe di Los Lambuang, ternyata ada penjual bakso sekarang. Dan Ayah yang ngos-ngosan dan kecapean, tanpa berpikir panjang, langsung ngajakin makan bakso dulu. Eh, ternyata yang jualan itu temen SMPnya Mami! Dan pas lagi makan, Ayah baru sadar kalo di sana ada yang jualan katupek kapau. Ah...Ayah! Dan setelah makan bakso, beli cendol deh. Nyam..nyam...enak! Manis-manis gimana gitu! Cuma 3000 rupiah saja! Hwaduh....kenyangnya! Alamat badan melar ni..

Setelah itu kita langsung ke benteng, duduk-duduk sambil memandang Bukittinggi dari atas, trus ngelewatin Jembatan Limpapeh, menuju kebun binatang. Di kebun binatang, ada museum kecil yang bentuknya rumah gadang dan isinya macem-macem banget. Ada contoh pakaian adat, kerajinan asal Sumbar, buku-buku, uang kertas dan coin kuno, juga berbagai macam hal-hal yang aneh seperti kerbau kepala dua dll. Masuknya lumayan murah ni, seribu rupiah saja. Sayangnya pas kita ke sana, sedang mati lampu, jadi agak gelap deh.

Setelah puas berkeliling, Opung pun nelpon, ngasi tau kalo Effan udah bangun dan mereka udah siap untuk nyusul kami. Dan mereka pun naik bendi alias delman ke benteng. Hoho...senangnya Effan bisa naik bendi. Waktu ketemu Bunda, Effan cerita dengan muka sumringahnya.

Sekarang saatnya makan di restoran favorit keluarga sejak jaman dulu. Yup, restoran Family Benteng. Favorit Bunda di restoran ini adalah ayam popnya. The best ayam pop ever deh! Dan Bunda juga mencoba mempengaruhi Effan untuk suka ayam pop dan suapin Effan makan pake ayam pop. Hmm...lumayan juga ni makannya Effan. Dan sekarang giliran Bunda untuk makan. Waduh....kenapa makanannya enak-enak semua si? Ada ayam pop, dendeng, gado-gado, dan makanan lainnya yang sangat menggoda iman. Dengan penuh perjuangan akhirnya berhasil juga ngabisin makanan-makanan ini, walaupun masih belum puas karna udah ga sanggup lagi mau pesen juice alpukat yang juga mak nyuuss banget di sini ;)

Dan wisata kuliner ga sampe di situ aja, tapi dilanjutkan! Effan pulang ama Gayek dan Opung pake motor, sementara Bunda ama Ayah naik angkot, turun dulu ke arah Kampung Cina. Dan waktu di Kampung Cina, Bunda tertarik waktu liat roti cane. Nyam...nyam...walaupun kekenyangan, tapi tetap menggoda untuk membeli. Wah....beneran gendut ni pulang ke Jakarta ;)





No comments: