Friday, August 7, 2009

Kuliner, Kuliner, Kuliner ;)

Friday, 7th of August 2009

Hari ini adalah Jumat pertama, jadi Bunda ke gereja deh. Dan cuma ada 1 kali misa hari ini, jam 6.45 pagi. Dengan bersusah payah, Bunda berhasil bangun pagi, rebus air, mandi, dan berangkat. Ga ada yang istimewa dengan misa Jumat pertama ini. Tapi pas misa berakhir, Bunda ketemu ama pastor yang selalu jadi favorit Bunda. Namanya Pastor Mikael Gunadi, FX, tapi akrab dipanggil Pastor Gali. Beliau sudah eksis sejak jamannya Opungnya Bunda dulu. Opung (alias Mamanya Bunda), pernah cerita kalo dulu waktu Opung masih kecil di Padang, Pastor Gali sudah jadi imam di Padang. Bahkan Opung dan keluarga pernah tinggal di pastoran paroki di Padang bersama si Pastor Gali juga. Pastor Gali udah keliatan tua, tapi auranya ga ada matinya. Bunda emang ga bisa baca aura si, tapi saat dekat dan ngobrol ama si Pastor, terasa sangat menyenangkan. Jadi inget jaman dulu waktu masih SMP dan SMA, Bunda sering ke gereja di Sabtu sore untuk membantu bersihin gereja, sering ketemu Pastor dan ngobrol. Ah...menyenangkan! Sayang, cita-cita Bunda untuk bisa dibabtis oleh beliau tidak menjadi kenyataan :(

Anyway, dari gereja, Bunda pulang ke rumah dan menjadi pembantu. Emang ni, setiap pulang ke rumah, Bunda jadi pembantunya Opung kecuali untuk urusan masak (masih Opung lah ratu dapurnya ;p). Nyapu, ngepel, nyuci, nyetrika, pembantu banget deh pokoke! Lagian hari ini ga ada agenda khusus mau kemana-mana, jadi ga masalah!
Setelah sibuk berberes-beres, sementara Ayah dan Effan yang selalu kedinginan leyeh-leyeh berdua, akhirnya kita pergi. Agendanya adalah ke KFC karna Effan susah makan, jadi berharap kalo makan ayam itu dia mau. Tapi Ayah dan Bunda ga pengen makan di KFC, pengen makanan yang lain yaitu katupek kapau di Los Lambuang ;)

Enaknya makan di KFC Bukittinggi adalah karna bisa sambil memandang keluar ke arah Jam Gadang. Sambil liat orang-orang dan kegiatannya masing-masing juga. Tapi karna Ayah dan Bunda udah laper, sementara Effan udah selesai makan, jadi kami pulang deh. Oya, dasar abege kota kecil ya, senengnya nongkrong di restoran fastfood begini. KFC siang ini rame banget ama anak SMP dan SMA. Ini udah terjadi sejak Bunda masih jadi abege di Bukittinggi. Tapi Bunda ga termasuk yang suka nongkrong di KFC, enakan di H. Minah ato Katupek Kapau deh, jauh lebih murah, hehe...

Dengan perkiraan Effan udah mulai ngantuk juga, akhirnya kami putuskan untuk pulang dulu sebelum makan ke Los Lambuang. Biar Effan ketiduran, kami pun berkeliling Bukittinggi. Sempet mampir juga ke rumah teman Bunda yang namanya Tante Diana. Bunda udah lama ga ketemu dan belum pernah liat anaknya Tante Diana yang namanya Syafiq. Tapi ternyata si bocah ini masih semangat aja. Akhirnya kita ajak deh ke Los Lambuang untuk makan katupek kapau. Oya, Gayek berangkat hari ini ke Jakarta.

Kami makan, Effan minum teh botol sosro favoritnya itu. Satu porsi katupek kapau yang mengenyangkan ini harganya 5000 rupiah saja. Ini emang udah jadi makanan favorit Bunda sejak SMA dan Ayah pun mengakui betapa enaknya makanan ini ;) Wah...emang sangat memuaskan wisata kuliner di Bukittinggi!
Selesai makan, rencananya mau ketemuan ama Tama di salah satu kafe di Kampung Cina yang jadi tempat nongkrongnya para bule yang berwisata ke Bukittinggi. Oya, Bukittinggi ini dikenal sebagai kota wisata lho! Jadi bukan hal yang aneh kalo ngeliat banyak banget wisatawan asing dimana-mana. Tapi umumnya si backpackers yang mampir ke kota ini.

Tapi di perjalanan Effan malah ketiduran, jadi harus dianterin pulang deh. Setelah itu baru kita ketemuan ama Tama dan dua orang temannya di Kafe Bedudal di Kampung Cina. Ada minuman yang cukup unik dan murah di kafe ini yang namanya chai masala, harganya 4000 rupiah saja. Kalo kata karyawan kafe, ini adalah sejenis Indian tea. Yang Bunda rasakan, ini adalah teh tarik alias teh plus susu yang kemudian dicampur rempah, yang terutama adalah kayu manis. Sepertinya minuman ini lebih nikmat jika dinikmati dalam keadaan panas di cuaca dingin. Sore ini cuaca agak panas, jadi ga terlalu nikmat deh!

Karna udah kenyang, jadi Bunda cuma pesan potato wedges yang sepertinya tidak akan terlalu mengenyangkan, walaupun sebenernya ini adalah karbohidrat ya?! Lumayan lama ni nongkrong di kafe ini, ngobrol ngalor ngidul sampe sekitar jam 6. Opung sms Bunda ngasi tau kalo Effan udah bangun dan emang udah saatnya Tama untuk pergi ke sekolah lamanya, di SD Fransiskus untuk belajar agama. Gini deh nasibnya kalo beragama minoritas dan bersekolah di sekolah negri. Sekolah tidak menyediakan pelajaran dan guru agama, jadi pelajaran agama diurus ama gereja. Dan biar ga bentrok antara anak satu dengan anak yang lainnya yang sekolahnya berbeda-beda, jadi belajar agamanya malem deh. Udah dari jaman Mami dan Bunda dulu, belajar agama itu setiap Jumat malam jam setengah tujuh malam, kecuali untuk kelas 3 SMA, jam 6 mulainya.

Malam ini rencananya mau makan kwetiauw dari chinese food restaurant yang paling oke sejagad raya (eh, lebai banget ya? tapi emang kwetiauwnya enak banget lho! baik yang halal maupun yang ga halal ;p), yang namanya Monalisa. Dari Mami dan Bunda masih kecil, setiap mau makan chinese food, kami selalu ke sini. Satu bungkusnya harganya 15 ribu rupiah. Worth banget! Porsinya ga terlalu besar si, tapi enaknya ga nahan! Restoran ini ga cuma dikunjungi ama orang-orang Bukittinggi, tapi sering banget juga jadi tempat makan para wisatawan asing. Ayah sampe berkomentar, emang enak banget kwetiauwnya, kwetiauw Lekker di Otista yang selama ini jadi favorit kami dinyatakan kalah!! ;)

1 comment:

Anonymous said...

2 orang temannya ? sebut nama dongg ! ! :p

-tama dan temennya tama-