Wednesday, August 26, 2009

Belitong - Bumi Laskar Pelangi

Wednesday, 26th of August 2009

Kemaren Bunda membaca beberapa artikel di kompas.com yang menceritakan mengenai Pulau Belitung (yang dalam ejaan lama disebut sebagai Belitong), yang sempat dulu sangat terkenal dengan hasil timahnya, kemudian saat harga timah turun dengan sangat drastis, daerah ini menjadi mati suri, dan sekarang kembali menggeliat terutama di sektor pariwisatanya. Kenapa tiba-tiba pariwisata di daerah ini kembali bangkit? Tak lain dan tak bukan adalah karna sukses besarnya novel tetralogi Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata dan juga suksesnya film Laskar Pelangi yang diproduseri oleh Miles Production, yang mengambil latar belakang daerah Pulau Belitong.

Wow...begitu hebatnya ya kekuatan penceritaan dari sebuah buku dan pemvisualan sebuah film. Kabarnya ga cuma dibanjiri oleh wisatawan lokal, tapi Pulau Belitong juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Dan bahkan ada tour khusus untuk mengunjungi tempat-tempat yang menjadi lokasi shooting Laskar Pelangi, seperti rumah Ikal-sang tokoh utama dalam cerita dan sekolah bobrok yang banyak terlihat di dalam adegan-adegan film.

Bunda kagum dengan keberhasilan Andrea Hirata yang mampu mengangkat potensi daerah kelahirannya dengan caranya itu. Mungkin efek ini sebelumnya tidak pernah dibayangkan olehnya, tapi itulah yang terjadi. Bunda jadi berpikir, jika saja banyak penulis Indonesia yang menceritakan mengenai daerah-daerah Indonesia dengan segala potensi yang terdapat di dalamnya, pasti akan semakin banyak lagi terkuak keindahan alam Indonesia yang ga ada matinya itu. Jadi kalo jalan-jalan, refreshing, nyari tempat dengan pesona alam yang bagus, ga perlu repot ke negri-negri sebrang (apalagi yang katanya truly asia itu ;p), soalnya semua itu ada di negri kita ini kan?! ;)

No comments: