Tuesday, August 4, 2009

Maninjau dan Padang

Tuesday, 4th of August 2009

Hari ini rencananya adalah ke Padang untuk mengunjungi saudara-saudara Opung yang emang banyak tinggal di Padang. Tapi rencananya si mau muter ni jalan ke Padangnya, ga lewat Padang Panjang seperti biasa, tapi lewat ke Maninjau biar sekalian jalan-jalan. Karna semua pada males bangun pagi mengingat dinginnya cuaca dan juga karna Opung mau ikutan (padahal hari ini adalah hari kerja), jadi kita baru berangkat menjelang jam 11 siang.

Seperti yang direncanakan tadi, jadi kita menuju ke Maninjau dulu ngelewatin Kelok 44yang mengerikan dan super duper bikin mabok itu. Di kelok 26, kita berhenti dan foto-foto. Sayangnya Effan ketiduran, jadi ga ikut foto-foto deh. Heran deh ini anak, jalanan berkelok-kelok bikin mabok gini, dia malah ketiduran, bukannya pusing. Kayanya dalam tubuh Effan ada kelenjar yang menghasilkan hormon anti muntah deh. Soalnya diajak naik kendaraan apapun, gimanapun kondisi perjalanannya, dia ga ada mabok-maboknya! Menyenangkan kalo diajak jalan jauh, ga nyusahin ;)
Tadinya Gayek ngajakin ke Padang lewat Padang Panjang aja. Kata Gayek, ayo cari putaran dulu! Tapi sampe kelok 1 alias udah sampe Maninjaunya, ga nemu tempat mutar. Jadi akhirnya kita lewat Maninjau aja ke Padang, daripada harus ngelewatin kelok 44 lagi dan bikin pusing lagi.

Udah siang, akhirnya kita mampir di suatu rumah makan yang sederhana di Maninjau. Ditulis di etalasenya, spesialisasinya adalah dendeng batokok. Jadi masakan ini seperti dendeng biasa, tapi disajikan dengan minyak yang rasanya manis. Nyam...nyam....ini dulu termasuk salah satu makanan favorit keluarga dan ternyata dendeng batokok di rumah makan ini enak juga!

Setelah makan, lanjut ke Padang. Perjalanan ke Padang dari Maninjau cukup jauh kalo diliat dari kilometerannya. Tapi ketimbang ngelewatin Padang Panjang, harus ngelewatin lagi kelok 44, kayanya mending ngelewatin jalan yang jauh deh. Tapi ternyata Gayek agak lupa jalan ke Padang dari Maninjau ini. Jadi sempet agak nyasar deh (tapi Gayek ga ngaku kalo itu nyasar, hehe...). Perjalanan yang cukup jauh, tapi pemandangannya oke banget, sawah dimana-mana, hijau deh pokoke, bikin ga ngebosenin di jalan.

Akhirnya sampe di Padang udah jam 4 lewat. Nyamperin Eyang Ken dulu di sekolah tempat Eyang mengajar trus langsung ke Purus Kebun ke rumah Oma Tres, yang rumahnya persis sebelahan ama rumah Opungnya Bunda dulu. Ternyata rumah Opungnya Bunda udah dikontrakin sekarang, jadi Bunda ga bisa masuk rumah itu deh. Setelah ngobrol-ngobrol ama Oma dan Opa Balu, Ayah, Bunda, Effan, dan Gayek kemudian pergi ke pantai yang di Padang dikenal dengan istilah Taplau alias Tapi Lauik, mau ngeliat sunset. Pas banget nyampe pantai, matahari sedang bergerak turun. Indah banget deh! Sambil Ayah, Bunda, dan Gayek menikmati sunset, Effan asyik banget main pasir. Ini anak emang senang banget kalo main di pantai, apalagi ini pantainya lagi sepi. Trus ada perahu nelayan yang sedang disandarkan di pantai jadi objek mainan juga buat Effan. Emang lebih enak pantai di Padang ni daripada di Ancol.
Dari pantai, trus mampir ke es duren yang enak, yang cukup terkenal di Padang. Walaupun Bunda ga terlalu senang ama duren (karna udah bosen soalnya), tapi Bunda cukup menikmati es durennya ;)

Setelah itu, kita kembali ke rumah Oma, mandiin Effan yang udah sangat kotor karna main pasir, trus berangkat lagi ke rumah Opung, yang adalah Tulangnya Bunda di asrama polisi Rimbo Kaluang. Opung ini lagi sakit abis ketabrak motor. Hiii....lukanya mengerikan. Opung sempet ga bisa jalan gara-gara kecelakaan itu. Untungnya udah pensiun, jadi emang udah ga ada kegiatan lagi. Tapi tetap aja nyebelin ya, ga bisa ngapa-ngapain gitu!

Ga terlalu lama di rumah Opung, kita lanjut ke rumah Eyang di daerah yang namanya Lapai. Sayang sekali ga ketemu Pak De Widhi ni. Tapi Effan ketemu ama ketiga omnya yang lain, Om Kris, Om Nano, dan Om Andre. Ga terlalu lama juga di sana, kemudian kita pulang ke Bukittinggi karna udah malam dan memikirkan Tama yang sendirian di rumah. Huff....Bunda kangen masa dulu ni, sering ngumpul ama sepupu-sepupu Bunda itu, menyenangkan! Sekarang udah jarang banget ni kita bisa ngumpul kaya gini :(
Sampe di Bukittinggi udah sekitar jam 11 malam dan kelaperan. Akhirnya beli nasi goreng dulu deh. Nasi goreng yang mak nyus! Satu porsi dibungkusnya banyak banget. Bungkusan nasi yang coklat itu hampir ga bisa dibungkus dengan sempurna saking penuhnya, dan harganya cuma sepuluh ribu rupiah saja! Nasinya enak, dagingnya kering kaya dendeng dan banyak pula. Nyam...nyam...nyam....makin gendut aja, makan banyak malem-malem ;p









No comments: