Saturday, August 8, 2009

Kerajinan perak Koto Gadang

Saturday, 8th of August 2009

Hari ini agendanya adalah keliling Bukittinggi sebelum besok kembali ke Jakarta. Tapi udara dingin bikin males banget ya? Bunda berhasil bangun pagi dan berberes-beres sambil ngobrol ama Opung. Tapi Ayah dan Effan masih molor aja ni! Tadinya mau ke rumah kelahiran Bung Hatta, gagal! Mau keliling Bukittinggi pake kereta wisata yang ada di lapangan kantin, gagal juga! Tapi emang hujan juga si, walaupun gerimis, jadi bikin makin pengen tidur aja!

Opung pagi ini jadwalnya adalah ke pasar untuk beli makanan marco si burung murai dan juga untuk beli bebek dan belut untuk dimasak untuk dibawa besok ke Jakarta. Sementara Opung ke pasar, sedangkan Ayah ama Effan masih aja tidur, Bunda mulai beres-beres. Mulai dari beres-beres rumah, trus mulai packing, biar nanti malam ga ribet dan besok pagi cuma tinggal finishing aja.
Siang ini, daripada bengong di rumah, dan emang karna ada oleh-oleh yang direncanakan belum sempat dibeli, jadi kita mau ke Pasar Atas, sama Opung juga.

Pertama beli benang. Ini pesenannya Mami. Ga penting banget ya beli benang aja di Bukittinggi, padahal di Jakarta juga banyak. Tapi masalahnya, di Bukittinggi, semua tempat gampang banget dijangkau termasuk toko yang jual benang, ga kaya di Jakarta, yang agak jauh nyarinya. Trus beli sendal untuk oleh-oleh. Jadi Bukittinggi punya sendal khas untuk laki-laki yang dikenal dengan sebutan tarompa datuak yang bahannya dari kulit. Opung udah punya langganan di Pasar Atas yang Opung bilang bisa kasi harga lumayan murah (walaupun setelah itu Bunda pikir, ini ga lebih murah daripada Panorama).

Tujuan selanjutnya adalah toko kerajinan perak. Yup, ga cuma Jogja atau Bali yang punya kerajinan perak, tapi Bukittinggi, tepatnya di daerah yang namanya Koto Gadang, juga punya. Dan menurut Bunda harga kerajinan perak Koto Gadang ini lebih murah daripada punya Jogja, apalagi Bali. Tapi sayangnya, waktu di toko perak, Effan rewel setengah mati, sehingga kami ga bisa leluasa melihat-lihat. Jadi mendingan pulang dulu deh. Effan minta naik bendi. Lima belas ribu sampai ke rumah, lumayanlah! Diterpa angin sepoi-sepoi bikin Effan terkantuk-kantuk, tapi tetap ga ketiduran sampe ke rumah.
Di rumah pun dia kembali bersemangat. Ga mau tidur sama sekali. Jadinya, lagi-lagi pake cara klasik. Ngajak Effan jalan-jalan pake motor dan berhasil! Dia tertidur saat sampe di rumah ;)

Sementara Effan tidur, Ayah dan Bunda kembali lagi ke Pasar Atas ke toko perak. Wah...kami jadi belanja banyak ni. Bunda emang seneng ama perhiasan perak, secara kalo pake imitasi gatel-gatel dan kalo pake emas kayanya norak, selain harganya mahal. Harga perak juga dijual berdasarkan beratnya. Per gram harganya sekitar 25-30 ribu rupiah tergantung kualitasnya. Hmm...lumayan!

Sore ini jadwalnya adalah ke gereja bersama-sama. Jadwal misa adalah jam 18.30. Sore banget ya? Effan agak nyebelin ni ikutan misa kali ini. Sempet ga mau juga pas dibilangin mau ke gereja. Hmprf...perlu dididik ulang tentang gereja ni anak!
Pulangnya kita lagi-lagi naik bendi dan Effan really really excited about it ;) Dia lagi-lagi minta duduknya di depan!

Trus malam ini, Ayah ajak Tama keluar malam mingguan, sementara Opung ama Effan main berdua dan Bunda beres-beres semuanya, termasuk nyuci-nyuci baju biar besok ga bawa pakaian kotor terlalu banyak.

Dan apa dinner kita malam ini? Nasi goreng yang seporsinya buanyak banget itu, dagingnya daging sapi beneran yang kering, dan rasanya enak banget! :)

No comments: