Thursday, May 28, 2009

Sembelit?

Thursday, 28th of May 2009

Udah sekitar 1 minggu terakhir ini Effan mengalami kesulitan untuk buang air besar. Hari Selasa kemaren sempet dibawa ke dokter umum dan dikasi obat yang ada kandungan laktulosa. Berdasarkan hasil googling, Bunda jadi tau kalo laktulosa ini memang berfungsi untuk mengatasi sembelit, membantu melunakkan feces sehingga keluarnya bisa lebih cair dan jadi ga sakit. Sumbernya dari page ini.

Tapi anehnya, sejak dikasi obat itu, yang ada malah makin parah ni sembelitnya. Kalo kemaren Effan masih bisa pup walaupun keras, tapi sekarang malah sama sekali ga pup. Kesannya si Effan nahan biar ga pup. Nah lho...koq ya ga ngefek obatnya?

Dari page yang lain, disebutkan kalo obat yang biasanya diberikan dokter spesialis anak jika anak mengalami sembelit adalah microlax. Obat ini adalah obat yang bekerja melunakkan massa feses dan melumasi saluran rectum sehingga memudahkan buang air besar tanpa mempengaruhi otot usus sehingga tidak menyebabkan melilit. Apa dicoba aja ya beliin obat ini? Argh...bingung!! Apalagi Effan untuk berkomunikasi 100% kan masih belum bisa. Huff.... :(

No comments: