Thursday, November 27, 2008

What a bad weather day...!!

Thursday, 27th of November 2008

Kenapa si cuacanya sekarang jelek banget ya? Kalo siang, sehari panas terik, hari besoknya hujan. Bener-bener efek global warming ni! Sekarang kan seharusnya musim hujan. Coba deh inget-inget lagi pelajaran pembagian musim pas SD. Bulan-bulan sekarang kan seharusnya yang musim hujan. Tapi koq kayanya sekarang, sepanjang tahun bisa aja jadi musim hujan. Bisa lho sekonyong-konyong di bulan Juli yang seharusnya musim kemarau, tiba-tiba hujannya deres banget. Dan bisa aja di bulan November yang seharusnya musim hujan, tapi mataharinya terik banget.

Jadi inget pernah nonton filmnya Al Gore yang judulnya Uninconvenient Truth. Waktu itu ga selese si nontonnya. Tapi dari yang udah ditonton, keliatan deh gimana kerennya filmnya. Al Gore berhasil ngasi begitu banyak bukti yang akhirnya membawa bumi kita ke krisis global warming ini.

Jadi kepikiran lagi, gimana ya cara kita, penduduk bumi, untuk bisa mencegah atau paling tidak menunda lebih lama lagi "kehancuran" bumi kita? Apakah dengan tindakan-tindakan kecil, tapi dilakukan oleh paling tidak setengah dari penduduk bumi, efek global warming bisa teratasi?

Bunda selama ini berpikir, perubahan kecil dari masing-masing kita bisa membawa perubahan yang cukup berarti bagi bumi kita ini. Kaya yang dijadiin slogan (bener ga ya ini istilahnya) ama WWF, 'thinnk globally, act locally'. Bunda menyimpulkan kalimat ini artinya adalah kita bisa memulai tindakan dari yang kecil-kecil, tapi hasilnya bisa dirasakan secara global.

Di keluarga kecil kita, hal-hal kecil ini udah mulai diterapkan. Mungkin karna Ayah ama Bunda kan sama-sama lulusan Teknik Lingkungan, jadi kepedulian-kepedulian seperti itu minimal udah tumbuh sejak kita masuk kuliah. Apalagi Ayah sekarang yang berkecimpung di dunia sampah.
Ayah jadi semakin peduli lingkungan lho sejak mulai kerja dan sejak sering nongkrong di TPA.

Hal-hal yang kita lakukan mungkin emang kecil-kecil banget. Kaya ngidupin AC, suhunya sekitar 25 Celcius aja. Matiin lampu kalo ga diperlukan. Ga usah nge-flush toilet kalo kayanya ga terlalu butuh, cukup disiram aja pake gayung. Kan air buat nge-flush pasti lebih banyak ketimbang pake gayung. Trus kalo nyuci tangan di wastafel, ga usah diidupin segede-gedenya krannya trus selama tangan sabunan dibiarin tetep kebuka krannya. Paling sering ni Bunda liat orang-orang di wastafel di tempat makan umum yang begitu.

Yang masih susah adalah ngajak pembantu untuk ikut peduli dengan hal-hal kecil ini. Menurut Bunda, nyuci sekalian banyak bisa menghemat air dari pada nyuci dikit-dikit. Nyuci piring juga gitu. Tapi koq ya susah banget ngajak pembantu biar mau begitu ya? Ini bukan masalah beres engganya kerjaan mereka, tapi lebih berhubungan ama kepedulian lingkungan maksudnya.

No comments: