Monday, November 24, 2008

The First Day to School

Monday, 24th of November 2008

Hari ini Bunda sengaja cuti karna emang udah diniatin kalo hari ini Effan mau trial di sekolahnya. Itu lho playgroup di Kidea Dewi Sartika. Akhirnya diputuskan Effan sekolah aja sekarang. Mau ngapain lagi ditunda-tunda. Apalagi Ayah tuh, yang koq tiba-tiba setuju banget Effan sekolah. Padahal kemaren-kemaren sedikit ga peduli waktu Bunda bilang mau sekolahin Effan.

Tadi malem, Effan tidurnya lumayan cepat. Sekitar jam setengah 10 udah tidur. Gara-gara siangnya cuma tidur sekitar 10 menit aja tuh. Tapi koq pagi ini bangunnya tetep siang si. Baru sekitar jam setengah 9 Effan bangun. Dan Bunda juga sempet ketiduran lagi si, setelah Ayah pergi kerja, hehe....(Bunda tea....;))

Jadi setelah mempersiapkan Effan dengan agak terburu-buru, minum susu, mandi, dan makan, akhirnya kami berangkat. Perginya ngajak Mbak Asih juga. Kan nanti-nanti yang bakal nemenin Effan, Mbak Asih. Sampe di sana, ternyata kita kecepetan. Kelas pagi baru aja bubar, jadi kita nunggu dulu deh. Ternyata teachernya Effan nantinya untuk kelas siang ini adalah Miss Andrea. She is a young woman but seems that she loves children.

Karna cuacanya yang kurang bagus, jadi anak-anak ga main di playground. Mainnya di dalam ruangan aja. Kan ruangan yang di lantai 2 juga playground, tapi indoor. Sekitar 10-15 menit, anak-anak dibiarkan main sendiri sesukanya. Setelah itu, anak-anak dikumpulin di sudut ruangan lainnya yang jadi tempat untuk 'berolah raga'. Jadi Miss Andrea akan memberi contoh gerakan-gerakan senam sederhana yang nanti diikuti anak-anak. Effan masih belum mau ikuti gerakan Miss Andrea. Jadi Bunda ajak aja Effan untuk duduk di pinggir matras dulu dan liat dulu aja Miss Andrea dan temen-teman yang lain. Lucu deh ngeliatin anak-anak batita gitu niruin gerakan senam yang sebenarnya sangat sederhana, tapi sepertinya bagi mereka masih sulit. Jadi hasilnya adalah gerakan yang malah lucu. ;)

Setelah senam sederhana, anak-anak diajak bermain bola oleh Miss Andrea. Lempar-tangkap dan tendang bola. Lagi-lagi Effan belum mau bergabung bermain bersama yang lain. Padahal biasanya senang bermain bola. Jadi lagi-lagi kami berdiri aja sambil liat yang lain bermain bola.

Sesudah bermain bola, adalah permainan semacam race bagi anak-anak. Jadi mereka diminta untuk memindahkan benda yang berbentuk miniatur apel dan strawberry dari satu wadah ke wadah lain yang berjauhan. Dan Effan juga dikasi kesempatan untuk mengikuti race ini. Walaupun ikut racenya sambil pegang tangan Bunda bolak-balik.

Sesudah race ini, semua masuk ke kelas. Topic hari ini adalah fruits. Jadi di kelas belajar mengenal buah-buahan. Buah yang dipelajari hanya ada 4, yaitu banana, orange, grape, dan starfruits. Dan setelah anak-anak diberi tau nama masing-masing buah, saatnya tes untuk setiap anak. Satu-satu mereka digilir, di hadapan mereka diletakkan keempat buah, dan mereka diminta untuk menunjuk buah mana yang disebutkan Miss Andrea. Effan juga dapat giliran. Yang Effan hafal cuma banana aja, yang lain tebak-tebak doang. Yaahh...lumayanlah, Effan bisa nunjukin partisipasinya.

Setelah itu adalah saatnya makan. Waktu Bunda telpon, katanya yang perlu dibawa hanya snack, jadi Bunda pikir bawa regal aja cukuplah. Ternyata pada bawa nasi dengan menu komplit dunk. Dan di sebelah Effan duduk Ferrin yang baru bangun (tadi dia pas dateng ketiduran karna kelelahan kata Mamanya). Mungkin karna baru bangun, jadi Ferrin masih belum mood untuk makan nasi dan bakso yang dibawanya. Jadinya malah Mamanya yang makan bekelnya tuh. Dan tiba-tiba Effan nyeletuk, "Effan mau bakso donk...". Haduh, Bunda jadi malu. Ini anak koq ya sembarangan. Memang ada sisa baksonya Ferrin yang belum dimasukkan ke dalam nasinya. Dan karna Ferrin juga ga mau makan, jadinya Mamanya Ferrin pun ngasi sisa baksonya yang masih 3 butir lagi ke Effan. Dan baksonya habis dunk!! Effan mau makan ketiga bakso itu!!

Setelah makan, ada lagi kegiatan belajar lainnya, yaitu membuat fruit prints. Jadi buah apple, grape, dan starfruits dipotong, kemudian potongan itu diberi cat warna warni dan kemudian ditempelkan di atas kertas. Simple thing, but maybe a little difficult for below 3 years.
Jadi Effan udah punya hasil karya sendiri di Kidea. Simple si, tapi lumayanlah untuk batita.. ;)

Setelah belajar itu, anak-anak dibolehin pulang. Karna emang udah jam 12.15 juga si.
Ternyata agak rintik-rintik di luar. Sampe di rumah, Effan semangat juga tuh untuk cerita ke Mami tentang sekolahnya, walaupun ceritanya masih kurang jelas. Dan dari cara dan ekspresinya bercerita, keliatan kalo dia having fun di sekolah. Amin...;) Oya, Mami ada di rumah karna masih ga enak badan, jadi ga ngantor.

Oya, ada kejadian menarik malam ini. Kami kan ke KJI Plaza, ke Matahari buat nyari baju berenang Effan buat hari Rabu nanti ke sekolah karna ada kegiatan berenang. Biar enaklah pake baju berenang. Trus mampir ke Carrefour, mau beli beberapa titipan Mami. Nah, Ayah juga sekalian beli mie instant, salah satunya pop mie. Waktu di rumah, Ayah kelaperan, tapi ga mau makan nasi, mau makan pop mie aja. Effan ikut-ikutan mau makan mie. Ya udah, mereka berdua makan mie. Liat deh gaya keduanya makan mie...


No comments: