Sunday, November 16, 2008

Gereja; Mimisan


Sunday, 16th of November 2008

Seperti biasa, hari Minggu pagi adalah saatnya ke Gereja. Ayah, Bunda, dan Mami pergi ke Gereja Antonius Padua. Sebenernya udah lama juga ga ajak Effan ke Gereja, tapi kayanya kalo diajak ke Antonius agak repot deh. Soalnya kan lokasinya di pinggir jalan. Jadi enaknya si diajak ke Gereja Robertus. Tapi kalo mau ke Robertus, enaknya ikut misa sore, Sabtu atau Minggu. Tapi lagi musim hujan gini, agak males kalo ke Gereja sore-sore.

Hmmm....sebenernya tepat ga ya ngajak anak ke Gereja dari usia segini? Terus terang aja Bunda bingung lho...Kalo diajak, anaknya kan belum ngerti tuh, jadi di Gereja ga bisa duduk tenang. Belum apa-apa udah minta kesana kemari. Kan jadinya gangguin yang ngajakin dan juga gangguin umat yang lain. Kalo ke Gereja Robertus ikut misa jam 8.30 hari Minggu pagi, wew...Gerejanya udah kaya taman bermain. Rame banget dan ribut banget karena kehadiran anak-anak. Bisa dipastikan kalo ke Gereja jam segitu dan duduk di luar, pasti jadi ga konsen sama sekali ke arah altar.

Tapi kalo ga diajakin dari sekarang, kapan lagi. Kayanya perlu deh diajak sedini mungkin. Maksudnya biar dia menganggap ke Gereja sebagai ritual aja dulu. Baru nantinya ditanamkan mengenai konsep Gereja sesungguhnya. Kenapa kita harus ke Gereja and so on. Biar nanti-nanti kalo diajak ke Gereja ga perlu pake berantem dulu. Mana Effan udah dibaptis dari bayi, kan jadi kewajiban orang tua untuk pendidikan dasar agamanya.
Pengen sebenernya nanya ke ahlinya, ke Pastur, Frater, atau ke Suster, tapi koq agak males ya? Hmm....coba ada yang bisa sharing...

Trus siang itu, Effan minta pergi ke Kalibata. Dan seperti biasa, alasannya adalah mau beli JCo. Ini typical anak-anak sekarang yang komersil karena lingkungannya begitu atau salah kami dalam mendidik anak ya? Ini bukan pembenaran, tapi buat Bunda emang agak sulit untuk menciptakan lingkungan tidak komersil untuk anak, dalam hal ini Effan. Di rumah ada tv yang sangat berat untuk tidak ikut dinikmati oleh Effan. Ada juga Om Sandro yang masih ABG itu yang kayanya juga sulit untuk tidak memberi pengaruh kekomersialan itu ke Effan. Hmm....

Sampe di Kalibata, akhirnya ke kids playground yang ada di sana. Wow...rame banget ya? Maklum si, ini kan hari Minggu siang. Dan keluarga sekarang emang banyak yang memilih untuk rekreasi ke mall. Termasuk keluarga kecil kami ini si. Tapi kadang, kami juga mencoba untuk rekreasi ke taman-taman yang ada di Jakarta sebagai selingan. Seperti ke Taman Menteng dan Taman Suropati. Effan sangat menikmati lho rekreasi ke taman seperti itu. Mungkin karena dia jadi bebas ya, bisa lari-larian. Kalo di rumah kan ruang geraknya agak terbatas. Dan rekreasi ke taman juga low cost, jadi Bunda juga seneng, hehe...

So, waktu di kids playground yang rame itu, Effan malah jadi bingung mau main apa. Effan gitu lho...Kalo liat anak kecil banyak banget gitu malah jadi bingung. Dia juga ga berani rebut-rebutan mainan ama anak lain. Yang ada malah mainan yang dia mainin direbut anak lain dan dia cuma bisa diem aja. Duuh...kasian Effan. Sekali lagi perlu ditekankan, kalo dia harus sekolah. Ga terlalu lama di Kalibata, kami pulang karna udah jam tidurnya Effan.

Malamnya, entah karna apa, tiba-tiba Effan mimisan. Sebelumnya emang dia ga pernah mimisan, jadi pas mimisan ini, Effan keliatan agak panik. Malah ga bisa diem, gerak sana sini, lari-lari. Seinget Bunda, dulu pernah baca kalo mimisan, sebaiknya anak justru jangan disuruh tiduran. Biarin aja dia duduk yang manis. Kalo ditidurin, justru nanti darahnya masuk lagi ke hidung. Sedangkan penyebab mimisan adalah pecahnya pembuluh darah di hidung. Tapi untuk kasus Effan ini, Bunda masih bingung apa yang menyebabkan pembuluh darahnya bisa pecah. Kalo Bunda dulu si sering mimisan karena panas-panasan atau kalo abis ujian tuh, kepala pusing dan jadi panas. Dan malam waktu tidur, Effan juga mimisan lagi. Hmm...harus coba browsing ni. Tapi kenapa www.tabloid-nakita.com yang selama ini jadi referensi ga bisa dibuka ya?

No comments: