Wednesday, November 12, 2008

Plan

Wednesday, 12th of November 2008

Another day with no things to do...Jadilah hari ini Bunda abdikan waktu berharga Bunda untuk browsing-browsing mencari lowongan kerja. Lumayan banyak juga yang didapat dari browsing. Ada sekitar 4 tempat yang bisa dicoba kayanya. Dan jadi tau juga beberapa situs atau blog yang ngasi informasi lowongan kerja. Kalo ada yang mau tau, boleh nanya sama Bunda =)

Dari kemaren Ayah pergi ke Bandung. Seperti biasa, kalo ke luar kota senengnya mendadak. Kemaren itu masih berangkat bareng Bunda pagi-pagi, eh, pas Bunda udah di kantor, Ayah nelpon ngasi tau kalo Ayah pulang lagi karna mau ke Bandung. Unplanned banget ga si? Padahal ke Bandungnya buat ikut workshop gitu. Tapi koq ya bisa-bisanya mendadak perginya...

Tapi pergi dadakan kaya gitu bukan masalah buat Ayah. Soalnya Ayah sendiri bukan orang yang senang dengan planning. Agak berbeda ama Bunda yang lebih senang kalo melakukan sesuatu dengan perencanaan yang jelas. Menurut Bunda, kalo sesuatu dilakukan dengan planning, hasilnya akan lebih memuaskan dibandingkan kalo dikerjakan tanpa plan. Kalo dengan plan, hal-hal detail lebih kecil kemungkinannya untuk terlupakan. Nah, kalo dengan melakukan tanpa plan, kayanya bakal ada aja yang kelupaan. Apalagi Mami tuh, huaaa.....kayanya hidupnya full of plan banget deh.

Tapi setelah sekian lama dan sering melakukan aktivitas bareng ama Ayah, Bunda jadi ga terlalu terpaku lagi tuh ama yang namanya plan. Bolehlah sesekali melakukan sesuatu unplanned. Tapi Bunda tetep pengen punya hidup yang direncanakan. Misalnya aja, ada rencana untuk punya properti. Punya rencana kapan mau punya another baby. Punya rencana di mana dan kapan Effan sekolah. Jadi hal-hal cukup besar, bolehlah direncanakan.

Lumayan sering sekarang, Ayah sekonyong-konyong ngajak Bunda pergi kemana gitu sepulang kantor tanpa direncanakan. Bisa pergi makan bareng, nonton ato ke manalah. Yang lebih parah, kayanya udah beberapa kali, kita mendadak ke luar kota. Ke Bandung ato ke Sukabumi. Ternyata pergi dadakan gitu juga menyenangkan lho. Emang si, kadang ngerasa ada yang kurang kalo dadakan gini. Misalnya aja, pergi ke Bandung dadakan, jadi ga sempet bawa file foto untuk dicetak di Jonas. Tapi overall, it's fun.

Bunda pernah denger perbincangan di radio ama Samuel Mulia (itu lho penulis rubrik 'Parodi' di Kompas Minggu). Nah, dia bilang dulunya dia adalah orang yang sangat well planned. Tapi setelah lama, dia katanya sadar kalo 'Plan is tiring'. Ga enak kalo melakukan sesuatu selalu direncanakan. Misalnya aja pergi ke luar kota untuk liburan, trus harus terpaku ama jadwal sarapan, trus ke mana, makan siang di mana, trus ke mana lagi dan seterusnya. Nah, jadinya ga asyik kan. Namanya aja liburan, koq ya masih terpaku ama jadwal yang malah bisa bikin stres. Hmm...setelah punya beberapa kali pengalaman melakukan sesuatu tanpa rencana, Bunda harus bilang kalo Bunda setuju ama Samuel Mulia.
So, ga perlu memenuhi hari dengan jadwal-jadwal yang sangat teratur. Ga perlu melakukan sesuatu dengan sangat direncanakan. Kegiatan yang ga direncanakan sesekali juga bisa sangat menyenangkan koq....

No comments: