Friday, November 7, 2008

Si Kota Jakarta

Friday, 7th of November 2008

Pagi ini, Bunda ama Ayah berangkatnya kesiangan lagi, jam 7. Gara-gara Bunda males bangun ni, soalnya tadi malem kan pulangnya udah malem banget. Plus Effan bangun pagi-pagi gara-gara ngompol, trus ga bisa tidur lagi. Jadinya harus ditipu-tipu dulu deh biar bisa berangkat ga diiringi tangisan Effan. Dan Ayah jadi sebel berat tuh karena lagi-lagi ga bisa dapet lembur hari ini.
Trus seperti biasa, Bunda nebeng Ayah sampe ke depan gedung BKN. Di situ Bunda nunggu bis. Tapi koq lama ya bisnya ga ada yang dateng satu pun? 10 menit berlalu, 20 menit berlalu, 30 menit berlalu....
Akhirnya Bunda panik berat ni...Gimana caranya ke kantor ya? Mau naik taksi, koq kayanya ga penting ya?
Untung abis itu ada bis Dephub yang lewat. Sebenernya bis ini mau ke Slipi Jaya, tapi dengan berbagai pertimbangan macet-macetnya, Bunda memutuskan untuk naik aja.
Sebel deh jadinya. Bikin hari berantakan yang kaya gini. Masih pagi gitu lho....

Hal-hal kaya gini ni yang bikin orang-orang, terutama orang Jakarta jadi seneng punya kendaraan pribadi dan pergi beraktifitas pake kendaraan pribadinya itu (termasuk Ayah). Soalnya naik kendaraan umum juga lama si, ga hemat waktu sama sekali!! Pemerintah kota sampai saat ini belum mampu menyediakan suatu layanan transportasi umum yang nyaman untuk semua orang. Bahkan TransJakarta (bukan Busway ya namanya), yang konsepnya sebenernya udah ok, ga maksimal dalam pengoperasian. Masa masih ada busway yang boleh dilewati ama kendaraan lain. Gimana TransJakartanya mau lancar perjalanannya. Padahal ini kan bisa jadi penarik utama orang-orang untuk beralih ke kendaraan umum. Trus satu lagi masalahnya, halte. Masa bisa ada antrian panjang banget di halte yang ngabisin waktu banget ngantrinya. Jelas gara-gara bisnya kurang. Bikin ga nyaman lagi ni. Akhirnya adalah pemakai TransJakarta adalah orang-orang yang emang biasanya naik angkot dan TransJakarta jadi peralihan dari angkot, bukan orang-orang yang beralih dari kendaraan pribadi mereka. What a complicated story!!

Sore ini Ayah pergi ke dokter gigi. Udah dari kapan tahu giginya sakit, tapi males melulu ke dokter gigi. Jadi Bunda pulang cepet-cepet mau nemenin, padahal tadi pagi datengnya telat banget. Seperti biasanya Jumat sore, jalanan macetnya beneran nyebelin. Padahal Bunda udah pulang sebelum jam 5 lho, tapi udah macet aja. Jadinya nyampe di rumah, sejam lebih gitu deh. Nyampe rumah, istirahat bentar dan karena Ayah juga udah siap jalan, ya udah kita pergi. Oya, karna Effan ngeliat Ayah rapi pake kemeja, abis mandi, Effan ikut-ikutan pake baju pergi. Ya udah, Effan diajak deh ke dokter gigi. Ada maksud lainnya si...Biar dia ngeliat dokter gigi, dan semoga nantinya ga trauma kalo harus ke dokter gigi seperti dia terlihat trauma kalo ke dokter.

Tadi waktu Bunda pulang, jalanan belum macet. Tapi waktu kita keluar mau ke dokter itu, jalan Condet udah macet. Ternyata galiannya masih belum selese aja. Dan yang mengherankan, kenapa si ngegali gitu, gundukan tanahnya mesti "tumpah" ke badan jalan? Ini yang bikin macet. Mana motor sering kurang sabar, jadinya bikin macet berat. Trus kayanya pekerjaan gali-galiannya ga butuh waktu segitu lamanya deh. Tapi ini koq berlama-lama gini. Apa ada hubungannya dengan budget? Mau ngabis-ngabisin budget? Koq ga mengorbankan kepentingan orang banyak? Huff......another side of this city...!!

No comments: