Tuesday, November 18, 2008

Ada Tamu Ni...


Tuesday, 18th of November 2008

Tadi malam sekitar jam 10, Om Feri (yang Effan inget sebagai Om Cubit Pipi karna kalo ketemu selalu cubitin pipi Effan) datang ke rumah. Dia datang dari Malang dalam rangka mengikuti Pameran Pertahanan Internasional di Halim. Tapi karna datangnya udah terlalu malam dan udah waktu tidurnya Effan, jadi Effan ga sempet ketemu lama tadi malem.

Berdasarkan cerita Om Feri, Bunda jadi tau kalo waktu pagi ini Effan ketemu Om Feri, he was really excited!! Tadinya mau mandi ga jadi gara-gara pengen main sama Om Feri. Trus waktu minum susu, maunya juga di pangkuan Om Feri yang sedang makan. Yang parah waktu Om Feri mau pergi, Effan marah-marah, sampe mukul-mukulin Mbak Asih. Kayanya si lagi seneng banget ada temen main selain si Mbak. Tapi Om Feri bener-bener harus pergi, jadi emang bener-bener ga mungkin main ama Effan. Jadi biar Effan ga minta ikut, Om Feri mau pergi, pintu-pintu pada dikunci semua. Dan jadilah Effan ngamuk-ngamuk, marah dan nangis.

Dan malam sekitar jam 8, giliran Om Wahid dan Tante Ita yang datang. Om Wahid dari hari Senen kemaren udah resmi jadi karyawan di Kota Jakarta. Welcome to this crowded city man..!! ;)
(Oya, rumah Condet emang sering jadi basecamp temen-temennya Ayah)

Hmm...jadi rame banget ni rumah. Ada Om Feri, Om Wahid, dan Tante Ita, selain penghuni rumah ini sendiri. Effan keliatan seneng banget tuh keliatannya. Dan seperti biasa, kalo lagi rame gini, bawaannya pasti caper alias cari perhatian banget. Jadinya terkesannya malah nakal di mata orang-orang. Dan orang-orang dengan sangat gampangnya memberi cap nakal itu ke Effan.

To be honest, Bunda paling ga terima kalo ada yang bilang Effan nakal. Makanya kalo ada yang bilang Effan nakal, Bunda memilih untuk diam aja. Banyak ahli yang bilang kalo dari kecil anak dicap nakal, bisa-bisa dia benar tumbuh sesuai dengan capnya itu. Dan menurut Bunda, anak yang nakal itu adalah anak yang melakukan hal-hal yang dilarang dan dia memang mengerti hal itu dilarang dan kenapa harus dilarang. Tapi untuk anak-anak seusia Effan, tidak tepat untuk memberi istilah nakal. Dengan usia seperti dia, kan kemampuan komunikasi masih sangat terbatas, sangat mungkin 'kenakalannya' itu disebabkan pemahamannya yang masih sangat kurang terhadap apa yang dikatakan orang-orang dewasa sekitarnya. Mungkin dalam perkembangannya nanti, dengan perkembangan cara berkomunikasinya, akan mudah baginya mengerti apa saja yang dilarang dan tidak boleh dilakukan karna kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi dengan hal-hal itu. Misalnya saja dengan adanya kemungkinan yang bisa membahayakan keselamatannya. Hmm....semoga kemampuan komunikasi Effan bisa terus berkembang ya sayang, biar bisa ngerti orang-orang bilang apa, dan biar ga ada lagi yang bilang Effan nakal...

No comments: