Friday, June 5, 2009

Roh Kudus vs Roh Jahat

Friday, 5th of June 2009

Hari ini adalah hari Jumat pertama. Dan ada misa lagi di di Bapindo, jadi Bunda ikutan deh ama temennya Bunda dan bergabung di sana ama Mami.
Romo hari ini adalah Romo Susilo, Pr. Katanya terkenal juga dengan nama Romo Joy atau Romo Ksatria Baja Hitam (karna warna kulitnya ni kayanya. Tega banget ya umatnya ;p). Misa yang dipimpin ama Romo ini terasa hidup karna dibawakan dengan menyenangkan. Kenapa ya, Forkat SCBD ini selalu berhasil mendapatkan pemimpin misa yang menyenangkan, yang membawa misa dengan hidup, tidak kaku. Benar-benar refreshing iman di awal bulan ;)

Tema hari ini adalah kehadiran roh kudus. Bagaimana kita bisa menyadari kehadiran roh kudus dalam diri kita. Yang bisa Bunda tangkap esensi dari homili pastor adalah bahwa dalam hidup kita selalu menemui pilihan, termasuk untuk memilih antara roh kudus dan roh jahat. Memilih roh kudus biasanya sulit dan tidak enak. Sedangkan memilih roh jahat biasanya gampang dan enak. Tinggal kita sendiri yang memilih mana yang kita inginkan. Namun perlu diingat bahwa buah dari roh kudus akan selalu menyenangkan. Jadi apakah kita bisa menjadi pemenang untuk pertarungan di dalam diri kita sendiri ini?

Romo memberi contah melalui cerita berikut. Seorang pelajar yang akan menghadapi ujian besok hari, dia bisa memilih untuk duduk dan belajar di meja belajarnya atau duduk sambil ngemil di depan tv. Hasilnya di keesokan hari, anak yang belajar akan dapat mengerjakan ujian dengan baik, tidak sama halnya dengan anak yang hanya menonton tv. Berarti si anak yang memilih belajar sudah menang atas pilihannya dan dapat memperoleh buah karunia dari roh kudus.

Oya, dalam misa, Romo sempat bertanya mengenai apa saja 7 karunia roh kudus. Hmm....tampaknya amat sangat sedikit umat yang tau ni. Lalu Romo menyebutkan ketujuh karunia roh kudus itu sambil berkata bahwa wajar semua lupa apa saja ketujuhnya karna yang ingat paling cuma anak kelas 4 SD. Dan dari 7 karunia yang disebutkan, yang akhirnya bisa Bunda ingat hanya yang pertama, roh hikmat atau kebijaksanaan yang adalah yang terpenting ;)

Hmm....masih inget homili Jumat Pertama bulan Mei? Yang dibawakan Romo Awan, cerita tentang uang seribu dan seratus ribu? Yak...homili sang Romo berhasil mengumpulkan uang sebesar 8 juta untuk disumbangkan ke gereja di Bantul. Hebat....dari 1 kali misa dengan peserta hanya kurang labih 300 orang, bisa terkumpul cukup banyak. Semoga gereja di Bantul bisa terbantu dan segera dapat dibangun, amin!! ;)

No comments: