Tuesday, June 16, 2009

Batuk (asma???)

Tuesday, 16th of June 2009

Udah beberapa hari ini Effan sering batuk-batuk. Biasanya batuk-batuk ini terjadi kalo abis main yang lasak-lasak, abis loncat-loncat, atau abis berlari-larian. Dan susah banget untuk nyuruh Effan nggak grusa grusu kaya gini kalo main. Huff....obat batuk jadi laku deh di rumah.

Hmm....Bunda jadi berpikir, apakah ini seperti apa yang Bunda alami dulu waktu masih kecil ya? Dulu Bunda juga gini ni kalo abis main yang heboh. Kalo habis lari-larian, loncat-loncat di tempat tidur, main ama Mami, trus ketawa-ketawa, pasti deh hasilnya batuk-batuk.
Dan hasil lainnya adalah diomel-omelin ama Gayek karna ga nurut dibilangin ga boleh lasak-lasak. Gayek emang bawel banget dulu pas Bunda masih kecil, hehe..... Bunda inget banget dulu kalo udah batuk-batuk dan males diomelin ama Gayek, Bunda bakal ngumpetin kepala di dalam bantal biar kalo batuk ga ketahuan ama Gayek ;p

Anyway, ternyata Bunda waktu kecil itu, setelah periksa ke dokter, emang menderita gejala asma. Yang Bunda inget, waktu kecil itu sering banget bolak-balik ke dokter. Kalo menurut cerita Opung, per 20 hari Bunda harus ke dokter untuk diberi suntikan sesuatu dan itu berlangsung lumayan lama, beberapa bulan. Dan setelah itu masih ada lagi sesi ke pengobatan alternatif. Tapi dengan semua usaha itu, gejala asmanya Bunda akhirnya mereda.

Selama ini yang Bunda tahu, yang pernah Bunda baca, yang namanya asma itu bersifat turunan. Bukan penyakitnya yang menurun, tapi alerginya lah yang bersifat turunan. Hmm....apakah mungkin Effan punya kecenderungan mewarisi sifat alergi Bunda? Masih terlalu dini ya untuk menyimpulkan? Terakhir ke dokter waktu Effan batuk, dokter tidak punya kecurigaan sama sekali ke arah sana. Perlu ada tindak lanjut atau didiamkan dulu ya? Argh....bingung!

No comments: