Tuesday, March 3, 2009

The Surgery Day

Tuesday, 3rd of March 2009

Hari ini Bunda bangun pagi dan siap-siap ke rumah sakit. Tadinya Bunda mau pergi kaya pergi kerja aja, naik bis. Tapi kata Ayah, jangan naik bis, nanti ga enak badan lagi. Jadi pagi ini Bunda dianterin Ayah deh ke rumah sakitnya. Dan berangkat pagi ini juga ga ketemu Effan yang masih tidur. Emang sengaja si, biar ga pusing harus liat jejeritan Effan di pagi hari dan pagi ini bukan mau ke kantor, tapi mau ke rumah sakit. Oya, pagi ini Mami juga berangkat ke kantor dari Condet. Untung ada tebengan orang kantornya yang tinggal di daerah Cililitan, jadi ga bingung gimana pergi ke kantornya.

Akhirnya Ayah dan Bunda berangkat waktu udah hampir jam setengah 8. Jalanan cukup lancar ni. Sekitar jam 8an udah sampe tuh di RS Jakarta. Daftar ke admission, dikasi gelang pasien, resmi sudah Bunda jadi orang sakit. ;)

Abis nemenin sebentar, Ayah berangkat ke kantor dan tinggallah Bunda sendiri. Sempet periksa-periksa beberapa hal, darah, rontgen, dan rekam jantung sebelum Ayah pergi. Setelah konfirmasi ke dokter, Bunda bisa menjalani operasi jam 5 sore nanti dan berarti jam 11 udah harus mulai puasa. Ya udah, setelah Ayah pergi, Bunda cuma baca buku, online pake hp, dan tidur. Bingung banget mau ngapain!

Akhirnya Gayek datang sekitar jam 3. Lumayan, jadi ada temen ngobrol sambil nunggu dieksekusi. Don't ask what I felt that moment. It was undescribe feeling!!

Sekitar jam setengah 5, giliran Opung Debbie yang datang. Dan ga lama kemudian, dokter anastesi yang datang periksa. Huff....udah makin deket ni. Apalagi setelah itu Bunda dipasangin infus. Ga sampe 15 menit, giliran dokter bedah ni yang datang. Hwaduh....bener-bener udah deket banget waktu eksekusi. Emang udah jam 5 si, emang udah waktunya. Tapi Ayah belum muncul ni, masih kena macet. Tadinya minta ke suster untuk tunggu Ayah dulu, tapi karna kelamaan, akhirnya Bunda disuruh turun ke kamar operasi. Pas banget, waktu mau masuk lift, ketemu Ayah yang baru datang. Tenang deh.

Masuk kamar persiapan operasi, seperti biasa kedinginan. Ya iyalah, cuma boleh pake panty ama baju tipis operasi doang, padahal ruang itu ac-nya dingin setengah mati. Ga lama-lama di ruang persiapan itu, Bunda dibawa ke kamar operasi. Jangan tanya gimana yang namanya ruang operasi. Bunda cuma mampu memandang ke atas sambil deg-degan. Ga berani liat yang lain-lain selain lampu-lampu besar di langit-langit kamar itu. Itu juga sambil ketakutan. Trus dipasangin alat di dada dan di lengan, Yang di dadanya kayanya untuk memonitor jantung dan yang di lengan untuk tekanan darah. Udah ga nyaman deh rasanya.

Akhirnya waktunya untuk dibius. Sempet ngobrol dikit ama dokternya sebelum dibius dan Bunda tiba-tiba hilang ga inget apa-apa lagi. Ternyata operasi itu berlangsung cukup lama, sekitar 1,5 jam. Begitu bangun udah ada di ruang pasca operasi dalam keadaan pusing dan mual berat. Lagi-lagi setelah dibius total Bunda muntah-muntah ga karuan. Ini ni sebenernya yang bikin Bunda paling sebel abis operasi. Pasca bius gila-gilaan banget rasanya. Waktu ngeliat Mami operasi usus buntu itu, kayanya ga segitunya deh.

Akhirnya malam ini Bunda habiskan dengan rasa pusing dan mual yang luar biasa dan plus haus karna belum dibolehin minum. Akhirnya Bunda cuma bisa mencoba tidur dan seperti tidak mempedulikan kehadiran Yuyut, Aki, Nini Sri, Mama, dan Mami yang juga hadir. Mereka satu per satu pulang, Bunda juga ga sadar. Malam ini Bunda ditemenin Gayek di rumah sakit.

No comments: