Monday, February 15, 2010

Time Out

Monday, 15th of February 2010

Makin hari kayanya makin banyak aja kebandelan dan kejengkelan yang disebabkan oleh tindakan Effan. Ada-ada aja tingkahnya. Sebagian besar akhirnya Bunda sadari sebagai cara Effan untuk menarik perhatian alias caper. Karna capernya itu, jadi berkali-kali diingatkan ga mempan juga. Karna itulah sekarang Bunda menggiatkan bentuk hukuman time out, ga lagi seperti kemaren-kemaren yang lebih menekankan di omongan, tanpa ada tindakan apapun. Kalo di time out, jadi ga banyak ngomong, tapi ada tindakan nyata yang langsung dilakukan.

Jadi setiap kali Effan melakukan tindakan yang tidak pantas dan memang seharusnya dilarang, seperti mengganggu mbak, Bunda akan memberikan hukuman ini. Ga lama-lama koq, cuma 3 menit. Jadi Bunda akan langsung gendong Effan ke dalam kamar, menyuruhnya duduk di sudut tempat tidur, tidak boleh kemana-mana selama 3 menit yang ditandai dengan bunyi timer yang Bunda atur dengan menggunakan handphone.

Cara ini akhirnya terbukti cukup efektif. Membuat Effan lebih sadar bahwa itu adalah suatu kesalahan dan dia juga sadar bahwa dia mendapatkan hukuman apabila melakukan kesalahan. Semoga dengan hukuman seperti ini, bisa bikin Effan jadi anak yang lebih baik dan manis, terutama semoga dia menyadari kesalahan apabila melakukan hal yang tidak baik kepada mbak...

No comments: