Tuesday, December 22, 2009

Effan's Progress Report Book for Term 2

Tuesday, 22nd of December 2009

Pagi ini Bunda ke Kidea untuk ngambil progress report Effan dan pastinya untuk mengobrol dengan guru Effan biar Bunda tau gimana perkembangan Effan. Bunda sengaja datang pagi sebelum jadwal pengambilan yang sebenernya jam 8 biar dapat giliran pertama dan biar Bunda juga ga terlalu telat datang ke kantor. Dan pagi ini Bunda disambut oleh Miss Irma. Enaknya datang pertama juga adalah bisa ngobrol lebih lama dengan gurunya Effan karna biasanya orangtua lain datang lewat dari jam yang dijadwalkan, jadi Bunda ga liat antrian yang panjang dan jadi merasa ga bersalah. ;)

Anyway, dari obrolan yang panjang lebar dengan Miss Irma, kesimpulannya adalah Effan menunjukkan improvement yang menggembirakan di term ini baik di bidang academic maupun di bidang social relation with the peers, walaupun untuk social relation belum sangat berkembang, namun sudah tampak ada perbaikan berarti. Untuk bidang academic, Miss Irma mengatakan bahwa Effan sudah bisa copied something that he learned and repeat it after that and also at other time. Jadi Effan udah bisa ingat akan apa yang dipelajari di sekolah. Yang Bunda simpulkan berarti Effan udah pay more attention to the subject at school.

Bunda juga bertanya ke Miss Irma, bagaimana tricknya agar anak bisa dengan cepat mempelajari sesuatu. Karna menurut Bunda sepertinya Effan gampang untuk belajar di sekolah dibandingkan dengan di rumah. Kalo menurut Miss Irma, when we teach a child something, better if we show him the picture and give explanation. More detail the explanation that we give to him, he will be more remember. Dan Bunda juga nanya, gimana tricknya supaya Effan bisa bilingual karna sekarang kan masih mixlingual secara bahasa Effan emang nyampur-nyampur banget. Menurut Miss Irma, coba terapkan kekonsistenan. Jadi ditentukan, dengan siapa harus menggunakan bahasa dan dengan siapa harus menggunakan bahasa inggris. Misalnya dengan Bunda menggunakan bahasa inggris dengan Ayah menggunakan bahasa. Dengan konsisten, hasilnya pasti bisa lebih baik. Selain itu yang jadi pertanyaan Bunda adalah bagaimana mengajarkan anak memegang pensil dengan baik. Kalo menurut Miss Irma, caranya adalah dengan mengajari anak memegang sendok dengan baik saat ia makan sendiri. Jadi penting juga untuk mulai mengajarkan anak makan sendiri di usia sekarang (lagi-lagi bermasalah dengan Effan yang picky eater :(). Atau Miss Irma menyarankan langsung belajar dengan menggunakan pensil, tapi jangan yang bentuknya bulat, melainkan yang bentuknya triangle biar ga licin pas dipegang. Contoh merk yang diberikan Miss Irma adalah lira yang bisa didapatkan di Gramedia.

Dan beginilah isi progress report Effan:
Effan shows good improvements in following class routine. Although sometimes he needs encouragements to come inside the class and prefers to observe also play solitary, by the mid of term 2 he starts to play altogether and do the cooperative play with his friends. By the mid of term 2, he is willing to join the circle time and answer teacher's greetings and questions confidently.

Effan performs well in identifying the numeral and quantity of number 1 to 5. He is able to trace those numbers in correct stroking using paint and put the correct quantity below. He can tell the correct quantity when we put some object in front of him.

Effan can follow the language lesson well to our one on one presentation. He can show the teacher how to write "e, l, t, p, f, m, and j." He can recognize the sound of h, b, c, o, and a. He likes to practice with new vocabularies such as names of animals, kinds of drinks and name of colors.

Effan looks proud when the teacher shows his job to his friends during the circle time. He needs encouragements to eat his snack and tidy up afterwards. However, he improves his responsibility in tidy up the materials after practicing with it.

No comments: