Thursday, October 1, 2009

Gempa

Thursday, 1st of October 2009

Kemaren sore jam 17.15, terjadi gempa yang berpusat di 57 km barat daya Padang Pariaman dengan pusat di kedalaman 71 km. Gempa ini sangat terasa di wilayah Padang Pariaman, Padang dan keseluruhan wilayah Sumatera Barat, bahkan kabarnya terasa sampai ke negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

Bunda kemaren sore sampe sekitar jam setengah 6, dan Gayek sedang telpon-telponan ama Opung. Dan ngeliat di tv, kalo ga salah TVOne, juga lagi membahas mengenai kejadian gempa ini. Sepanjang malam, tv berita isinya membahas gempa ini dan disebutkan kalo korban tewas sekitar 21 orang.

Tadi malam, Bunda cuma menganggap biasa kejadian gempa ini. Soalnya yang namanya gempa di daerah Sumbar udah biasa banget. Ga terhitung berapa kali Gayek dan Opung memberi kabar kalo di sana terjadi gempa. Tapi pandangan itu berubah pagi ini waktu tau kalo korban tewas sudah mencapai lebih dari 400 orang.
Wah...ternyata ini bencananya serius toh! Bencana besar ternyata!

Korban tewas sangat banyak. Jalanan banyak yang putus. Bangunan banyak yang hancur. Komunikasi terputus. Bahkan banyak korban yang masih tertimbun bangunan yang roboh. Daerah yang sangat parah akibat gempa ini adalah Kota Padang dan Padang Pariaman.

Bagaimana dengan kabar saudara yang berdomisili di Padang? Puji Tuhan, semua sudah dapat dihubungi dan semua dalam keadaan selamat. Hanya saja rumah yang mereka tempati mengalami kerusakan, banyak yang retak. Dan perabotan pun banyak yang berjatuhan akibat goncangan gempa.

Semoga keadaan cepat pulih di sana. Semoga tidak ada lagi gempa susulan yang melanda daerah Sumbar.

No comments: