Monday, October 12, 2009

Belajar memasang kancing

Monday, 12th of October 2009

Sebenarnya Effan sudah bisa mengenakan pakaiannya sendiri, tanpa dibantu, walaupun masih kurang rapi. Tapi Effan itu paling ga mau disuruh secara terang-terangan. Jadi kalo Effan mau pake baju, jangan sekali-sekalinya bilang gini, "Ayo pake baju sendiri, Effan kan udah bisa!"
Dijamin dia bakal menolak dengan mengatakan, "Effan ga bisa pake baju sendiri. Ayah/Bunda aja yang pakein!"

Tapi yang harus dilakukan adalah langsung memberikan every pieces of his clothes into his hand. Tar Effan bakal nanya, pakaiannya itu benar atau kebalik. Trus dia pake sendiri deh pakaiannya. ;)

Dan Bunda pun udah ajarin Effan gimana cara memasang kancing sejak beberapa bulan yang lalu. Tapi karna ini adalah keterampilan motorik halus yang agak sulit dipelajari, jadinya lama deh Effan baru benar-benar melakukannya sendiri. Pas awal-awal, Effan sempat kesel kalo dia ga bisa, jadi dia menyerah dan Bunda pun tidak mau memaksakan. Tapi sepertinya lama-kelamaan, he feels great and satisfied when he can do it, jadi terus mencoba pantang menyerah.

Malam ini Bunda menggunakan pakaian rumah yang menggunakan kancing yang ukurannya agak besar. Karna lokasi kancing di bagian atas dekat leher, jadi sebenarnya tidak terlalu perlu dikancingin, jadi Bunda membiarkan tanpa dikancing. Tapi pas Effan melihat, dia semangat untuk mencoba memasang kancing-kancing ini. And he did it!! Dengan lancar tanpa dibantu sama sekali, Effan memasang ketiga kancing dalam waktu yang juga cukup cepat.

Dan berikutnya adalah giliran Effan menggunakan piyamanya. Piyama Effan menggunakan 3 kancing yang kecil-kecil dibandingkan kancing di baju Bunda. Untuk yang dekat ke leher, Bunda yang pasang kancingnya karna ini memang masih sulit untuk Effan. Tapi untuk 2 kancing lainnya, Effan memasang sendiri, tanpa bantuan sama sekali dari Bunda. Huhu.....dia bisa walaupun lumayan lama mencobanya.

Walaupun ini sebenarnya sederhana, tapi memasang kancing merupakan tantangan besar untuk seorang anak kecil usia 3 tahun. Dan bahkan di sekolah, Effan masih belum diajarin ni. Good my son, really proud of you! ;)

No comments: