Friday, October 2, 2009

Term 1 Progress Report

Friday, 2nd of October 2009

Hari ini adalah hari penerimaan rapor Effan untuk term 1-nya di preschool. Sebenernya penerimaan rapor dimulai jam 9, tapi Bunda minta dispensasi, minta lebih pagi, mengingat jam kantor yang mulainya jam 7.30.

Karna ke gereja dulu pagi-pagi, jadi sebelum jam 7 pun Bunda udah sampe di Kidea. Akhirnya baru ketemu Miss Irma dan Miss Ely sekitar jam 8.
Dan beginilah progress report Effan:

As a new comer in preschool class, Effan keep on working with the adjustment with the new atmosphere in preschool class. He is continuously developing his independency in joining and working properly in the classroom. Effan likes to play by himself or with the teacher. To follow the class routine, he prefers individual presentation instead of group presentation. He needs a lot of encouragements to join the group presentation and doing the daily exercise. He prefers to practice with the materials instead of join the exercise.

Effan can practice climbing up using the rope ladder and sliding on the tall slide with assistence. We introduce him throwing and catching ball, walking on the line and how to wash the hand properly.
Effan practices a lot with puzzle, play dough, and cutting fruits. He practices tracing shapes with assistance.

We introduce Effan rote counting 1 to 10 and quantity 1 to 5.
We introduce Effan the letter sound "l,t,f,b,h" including the vocabularies those are regarded with the letter sounds for the language in this term. He can tell the sound of "p". We introduce him how to write "p" by using sand letter paper, sand tray, and finger painting.
We introduce Effan basic colors such as red, blue, yellow.

Dan hasil raport Effan kali ini kebanyakan nilainya adalah need improvement dan developing. Ini adalah point terbawah dalam penilaian. Walaupun begitu Miss Irma berkata bahwa dengan nilai seperti ini, bukan berarti Effan buruk di sekolah, tetapi dia sedang berkembang. Hmm...harus diakui sebenernya bahwa Effan mengalami masa yang agak membingungkan di sekolah. Entah kenapa dia mengalami proses adaptasi yang sangat lama sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Bahkan setelah liburan panjang lebaran kemaren, Effan yang sebelum liburan sudah mau dengan sukarela tanpa paksaan meengikuti kegiatan di sekolah, tetapi setelah liburan dia kembali menolak mengikuti kegiatan bersama teman-temannya. Yah....emang banyak pr untuk Effan. Banyak hal yang harus dikembangkan dari seorang Effan. Memang ketiadaan teman di rumah menjadi faktor yang sangat menghambat perkembangannya dalam bersosialisasi sehingga dia pun menjadi susah untuk langsung ikut dalam kegiatan-kegiatan bersama teman sebaya. Tapi Bunda yakin dengan bantuan pihak sekolah, teman-teman Effan di sekolah, dan dorongan semangat dari kita di rumah, Effan bisa menjadi lebih baik di term-term selanjutnya. :)

No comments: