Wednesday, July 29, 2009

Si tukang ngemil

Wednesday, 29th of July 2009

Effan itu susah banget kalo disuruh makan nasi. The real picky eater deh! Dan makannya emang milih banget. Ga mau ini, ga mau itu, maunya itu aja. Dikasi suplemen macem-macem, yang katanya mengandung curcuma dan bisa ningkatin nafsu makan, tetap ga mempan. Ngasi makannya sambil main, juga ga ngefek. Ngasi makannya dengan berbagai cara, banyakan ga ngefeknya. Cuma sesekali aja Effan bernafsu makannya. Itu biasanya terjadi kalo dia udah berhari-hari makannya ga bener, ato pas liat Ayah dan Bunda, atau Gayek pas di rumah, lagi makan bersama di meja makan.
Jadi biar makannya ama energi yang Effan keluarkan bisa balance, Bunda kebut dengan mengisi kebutuhan energinya itu dengan susu dan cemilan. Effan sehari bisa minum susu sampe 4-5 botol dikali 150 ml. Seharusnya untuk 150 ml itu susunya sekitar 5 sendok, Bunda bisa ngasi sampai 7 sendok biar lebih padet.

Trus untuk cemilan, Bunda selalu sediain di rumah. Mau tau apa aja cemilan kesukaan Effan? Biskuat yang biasa, oreo (walaupun yang sering dimakan cuma creamnya doang, jadi Bunda sekarang seringnya beliin yang double stuff, baru makan kepingan biskuitnya kalo udah ga nemu lagi camilan lain), good time yang bentuknya teddy bear, beng-beng (ini sekali makan bisa sampe 4 bungkus), crackers yang di atasnya ada gula (ini si karna niru Gayek), roti tawar pake meises (sekarang sering banget Effan minta roti pas udah diajak tidur malam, sepertinya dia senang roti karna dibolehin untuk bikin sendiri seperti yang udah diajarin di sekolah), ice cream apa aja (tapi biasanya si walls yang solitaire atau McFlurry nya McD), dan coklat cadbury yang black forest (it was my favourite, sekarang Bunda jadi jarang makan coklat ini gara-gara kepikiran Effan yang juga suka). Ayah suka bingung sendiri kalo liat Effan udah asyik dengan cemilan. Ayah sepertinya bertanya-tanya kenapa Effan bisa suka ngemil. Padahal tak lain dan tak bukan, ini terjadi karna adanya ajaran Bunda yang juga suka ngemil. Dan ternyata efeknya sama aja untuk kami berdua. Kalo temen-temen Bunda suka ngeluh, makan udah dikit, cuma ngemil doang, koq bisa gendut, Bunda malah heran, udah makan porsi kuli, ngemil jalan terus, tetep aja kurus. Mau naikin 2 kg aja susahnya setengah mati. Effan juga gitu. Minum susunya banyak, ngemilnya juga banyak, koq susah banget berat badannya nambah. Kayanya kami berdua emang penderita cacingan kronis, ato malah bukan cacing lagi, tapi naga, jadi kami berdua kemungkinan nagaan, hehe..... Buat Bunda si menyenangkan, mau makan sebanyak apa bisa tetap kurus, tapi buat Effan, jangan gitu lah... :(

No comments: