Wednesday, July 1, 2009

AC dan Permasalahannya

Wednesday, 1st of July 2009

Udah beberapa hari ini AC di kamar kita bermasalah. Setiap dihidupkan dengan suhu di bawah 25 derajat celcius, pasti deh jadi bocor, ada tetesan air dari sudut kanan bawah. Dan tetesannya cukup banyak ni! Ini seperti kejadian sebelum diganti filternya kemaren ni.
Eh, filter apa kapiler ya yang kemaren diganti? Sepertinya ada sesuatu yang tersumbat ni. Sebelumnya, kejadian seperti ini juga pernah terjadi. Penyebabnya adalah karna ACnya udah lama ga diservis, jadi filternya kotor, akhirnya mampet dan terjadi kondensasi, akhirnya airnya netes. Tapi ini ACnya baru diservis, filternya ga kotor, jadi bukan karna kotor ni airnya netes-netes.

Tadinya mau weekend aja diperbaikinya. Tapi karna kayanya kelamaan, kasian juga Effan siang-siang kepanasan kalo tidur, dan mumpung ada Gayek yang bisa mengawasi, ya udah, dipanggil hari ini aja deh tukang ACnya. Oya, mumpung masih garansi juga ni, jadi gratis servisnya, huehehehehe...(tetep darah orang minang yang terkenal ogah rugi itu ga bisa ilang ;p)

Setelah dicek oleh si tukang servis AC, ternyata permasalahannya adalah ada debu yang menyumbat. I don't know exactly where, but it must be inside the indoor AC. Hrgh...perasaan udah rajin service koq ya masih ketemu masalah beginian :(

So, after many problems bear down upon the AC, I can give some tips of AC maintenance.
1. Kalo punya rumah di pinggir jalan raya yang rame seperti kami dan kebetulan harus pasang AC di bagian terdepan dari rumah, usahakan untuk mempunyai tanaman di depan rumah sebagai barrier atau penghalang supaya debunya bisa diminimalisir, walaupun mungkin tidak sampai menghalangi semua debu.

2. Rajin-rajinlah untuk service AC. Kalo bisa panggil orang yang udah profesional aja si, biar bener-bener oke ngebersihinnya. Katanya si ngebersihin AC paling tidak sekali dalam 3 bulan. Tapi kalo kondisi rumah di pinggir jalan, sebaiknya dibersihin lebih sering, mungkin jadi sekali dalam 2 bulan.

3. Kalo ngebersihin AC bagian indoornya, kan biasanya ACnya ga diturunin, cuma dibersihkan di atas dengan posisi AC masih di dinding. Sesekali sebaiknya, turunkan AC bagian indoor ini supaya ngebersihinnya bisa makin maksimal dan akhirnya tidak ada debu yang tersisa.

4. Intinya adalah kebersihan AC harus dijaga. Kalo AC bersih, dijamin deh bakal lebih dingin. Suhu 25 bahkan 26 derajat celcius udah cukup. Jadinya bakal hemat energi juga. Impactnya ga cuma buat kita, tapi juga buat bumi kita lho... (kampanye global warming MODE: ON)

No comments: