Monday, April 12, 2010

Teman Tidur

Monday. 12th of April 2010

Tiggy sudah menjadi teman tidur Effan selama lebih dari tiga tahun ini. Setiap kali mau tidur malam, saat susu sudah di tangan dan piyama sudah dikenakan di badan, yang dicari Effan selanjutnya adalah Tiggy. Padahal kalo udah terlalu lasak tidurnya, Tiggy bakal tidur dimana, sedangkan Effan entah kemana. Tapi kalo sempet bangun di malam hari, yang pertama ditanyakan adalah keberadaan Tiggy.

Selain Tiggy, ada lagi boneka yang menjadi favorit Effan. Yang pertama adalah boneka berbentuk harimau yang merupakan palsuan Tiggy, yang kita sebut dengan Tiggy Satu Lagi. Yang kedua adalah boneka berbentuk kucing yang dinamai Miauw. Dan yang ketiga adalah beruang kecil yang Effan namai Baby. Tapi ketiga boneka ini bukanlah teman tidur Effan, melainkan teman tidur untuk Ayah dan Bunda. Setiap malam, Effan mengumpulkan empat boneka ini, kemudian memberikan Tiggy Satu Lagi untuk Ayah, Miauw dan Baby untuk Bunda, sedangkan Tiggy untuk Effan.

Dulu sempet tuh, Ayah tidak menghiraukan saat Effan memberi Tiggy Satu Lagi sebagai teman tidur Ayah. Saat itu Bunda melihat air muka Effan yang berubah menjadi kecewa dan akhirnya memberikan Tiggy Satu Lagi kepada Bunda. Sejak saat itu, Effan menjadi sering ragu-ragu bila mau memberikan boneka pada Ayah. Tapi setelah Ayah bisa menerima dengan antusias, Effan juga ikut antusias. Dari sini Bunda menarik satu pelajaran, walaupun untuk orang dewasa teman tidur ini bukanlah masalah penting, namun tidak demikian untuk anak-anak. Menurutnya ini berharga dan adalah suatu tindakan terpuji bahwa dia bisa memberi. Agar anak lebih menghargai masalah memberi dan menerima seperti ini, jangan lupa, orang tua pun harus menghargainya saat dia memberi hal yang bukan apa-apa. Percaya deh, kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini pasti akan diingat sampai jauh nanti. Dan dia akan terus mau berbagi dengan semua orang.

No comments: