Thursday, April 8, 2010

Piyama

Thursday, 8th of April 2010

Kemaren malam, waktu Bunda memakaikan piyama ke Effan yang akan tidur, Ayah bertanya, "Udah empat taun Bunda pakein piyama ke Effan, kira-kira hasilnya apa ya?"
Trus Ayah bercerita tentang masa SMAnya yang di asrama dan diwajibkan menggunakan piyama tidur. Sepertinya si, Ayah ngerasa menggunakan piyama menjelang tidur itu, tidak memberikan efek apa-apa.

Hmm... Bunda jadi mengingat kembali apa yang menjadi alasan Bunda memakaikan piyama ke Effan. Ada beberapa alasan sebenernya. Eh, cuma ada dua alasan denk... Yang pertama, piyama kan biasanya lengan panjang dan celana panjang. Nah... kami tidur dengan AC dinyalakan. Soalnya kalo ga dinyalakan, Effan juga sering keringetan. Walaupun diatur dengan suhu 25 derajat celcius, namun kadang suhu kamarnya tetap terlalu dingin, sedangkan Effan tidak pernah mau menggunakan selimut. Jadi menggunakan piyama kan lumayan untuk jadi penangkal dingin. Dan alasan yang kedua adalah alasan untuk mengganti baju sebelum tidur. Soalnya yang namanya anak kecil kan kegiatannya ga terbatas. Biarpun udah mandi sore, ga jarang Bunda mencium Effan yang udah asem lagi saat menjelang tidur. Nah... berarti bajunya juga udah ga pantes dipake tidur kan? Yang ada nanti dia malah ga enak tidurnya, karna ga seger. Jadi diganti piyama aja, sekaligus penanda bahwa waktu bermainnya sudah habis dan saatnya beristirahat. Apa ini bisa dikategorikan sebagai salah satu bekal kedisiplinan? Hmm.... kira-kira nanti bakal gimana ya ke depannya? ;)

No comments: